PT KAI Daop 2 Terapkan Social Distancing

PT KAI Daop 2 Terapkan Social Distancing
Dok by Humas PT KAI Daop 2 Bandung
0 Komentar

Cianjurekspres.net, PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan upaya pencegahan penyebaran Virus Corona. Yang terbaru, PT KAI telah menerapkan kebijakan pengaturan jarak melalui pemasangan garis pembatas di berbagai area pelayanan stasiun.
Upaya ini merupakan langkah implementasi dari social distancing yang saat ini menjadi himbauan dari pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19 (Virus Corona) yang sedang mewabah di Indonesia.
Manajer Humas PT KAI Daop 2, Noxy Citrea menyebut, khusus di Daop 2 Bandung penerapan social distancing sejak Kamis (19/3/2020) di stasiun Bandung, Kiaracondong, Cimahi dan Rancaekek dan selanjutnya secara bertahap diterapkan di stasiun penumpang lainnya.
Stasiun-stasiun tersebut telah dibuat pengaturan garis batas jarak aman antrian seperti pada saat boarding, loket pembatalan atau pembelian tiket dan cetak boarding pass. Adapun jarak antrian antara calon penumpang satu dengan lainnya sekitar 100 cm.
“Kami atur jarak antar penumpang dengan memberikan jarak pembatas selebar satu meter di area pintu boarding, loket dan di bangku-bangku ruang tunggu. Hal ini untuk tetap memberikan kenyamanan sekaligus menjalankan arahan pemerintah social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona,” ungkap Noxy dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.
Selain disediakan hand sanitizer di pintu boarding, saat ini pun di area Stasiun Bandung, Kiaracondong dan Cimahi sudah terpasang wastafel portabel di area umum untuk mencuci tangan.
Noxy menyampaikan, nantinya wastafel akan tersedia di 15 stasiun di wilayah Daop 2 Bandung. Penyediaan wastafel untuk menjaga kebersihan tangan penumpang saat bepergian menggunakan kereta api.
“Upaya lainnya dengan menerapkan aturan ketat tentang suhu penumpang yang akan naik kereta api. Jika kedapatan suhu tubuh 38 derajat ke atas, maka untuk penumpang tidak diperkenankan naik kereta dan bea tiket dikembalikan secara penuh,” tuturnya.
Upaya preventif tersebarnya virus corona terus dilakukan pihak PT KAI Daop 2 diantaranya, sejak akhir Januari 2020, Daop 2 melaksanakan sosialisai virus corona di semua stasiun dengan memasang banner tentang etika batuk, membagikan masker dan sosialisasi cara mencuci tangan yang benar.
Dilanjut, 5 Maret 2020, PT KAI menjalankan Rail Clinic KAI Peduli Pencegahan Virus Corona yang menyisir lintas timur dan utara.

0 Komentar