Demi Hemat Anggaran Emil Lakukan Hal Ini

Demi Hemat Anggaran Emil Lakukan Hal Ini
0 Komentar

BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat lakukan penandatanganan kerjasama dengan tiga startup, yakni PT Aero Globe Indonesia (Aerotravel), PT Global Tiket Network (Tiket.com), dan PT Trinusa Travelindo (Traveloka).
Kerjasama dilakukan guna mempermudah keperluan perjalanan dinas, yakni pemesanan tiket booking untuk ASN Pemprov Jabar dan Anggota DPRD Jabar.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyebut, hal ini dilalukan sebagai inovasi sektor pengadaan jasa Pemprov Jabar yang pertama kali dilakukan di Indonesia.
“Sekarang perjalanan dinas harus online, kerena bisa menghemat anggaran hingga 30 persen. Saya kira ini terobosan penghematan uang yang luar biasa,” ucap Emil (sapaan akrabnya) di Gedung Pakuan, Selasa (18/2/2020).
Selama ini, biaya akomodasi perjalanan dinas dilakukan secara manual oleh tiap dinas. Emil mengatakan, setelah diteliti banyak terjadi pemborosan lewat cara tersebut.
“Harga satu tiket bisa bervariasi, bahkan pernah kejadian dua kali lipat. Sehingga menurut saya, kebiasaan asal beli yang penting ada tapi tidak melihat optimalnya harga, mengakibatkan potensi tidak efisien,” kata Emil.
Sementara bila dilakukan secara online, lanjutnya, proses jual-beli akan terjamin secara kompetitif, mudah, dan lebih jelas pertanggungjawabannya lewat jejak digital.
Para ASN pun dipersilakan memilih keempat perusahaan tersebut untuk keperluan tiket dan akomodasi perjalanan dinas.
“Karena ini sifatnya tidak satu (perusahaan), maka ada tiga perusahaan yang bergabung nanti boleh memilih,” pungkasnya.(nik)

0 Komentar