Nostalgia Sambil Wisata Sejarah Jalur Kereta Api Bogor-Cianjur

Nostalgia Sambil Wisata Sejarah Jalur Kereta Api Bogor-Cianjur
ilustasi (net)
0 Komentar

CIANJUR – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat tengah menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara, dengan menawarkan konsep wisata sejarah jalur kereta api melalui ‘Smiling West Java Historical Railway Tour’, di Bogor-Cianjur 17-18 Februari 2020.
Seperti diketahui, pada zaman kolonialisme, kereta api dimanfaatkan sebagai alat transportasi pembangunan infrastruktur dan mobilisasi pejabat pemerintahan Belanda. Bahkan, hingga saat ini jalur sampai stasiun peninggalan pemerintahan Belanda masih berfungsi.
Direncanakan, Kabupaten Cianjur menjadi salah satu tujuan destinasi nostalgia wisata berkereta api tersebut. Smilling West Java Historical Railway Tour, menjadi salah satu cara menggambarkan dan menggali potensi yang bisa dikembangkan dari perkeretaapian. Terutama jalur kereta api Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.
Menanggapi hal itu, Kepala Stasiun Cianjur, Dede Sulaiman siap menyambut pengunjung ketika tiba di stasiun. Namun, Dede mengaku tidak menerima surat edaran dari pusat terkait rundown acaranya.
“Jadi nanti kira-kira sampai di Cianjur tanggal besok (Selasa, 18/2/2020), setelah boarding kereta dari stasiun Paledang ke Sukabumi lalu ke Cianjur, namun kami tidak mendapatkan surat tembusan khusus untuk KAI (Humas Bandung),” ujarnya kepada cianjurekspres.net, Senin (17/2/2020).
Dijelaskan Dede, ia pun belum menerima kontak dengan Disparpora Cianjur. Hal itu seharusnya ada koordinasi merujuk pada susunan acara yang tersebar dari Disparbud Jabar, bahwa sampai di Cianjur, peserta akan  digiring untuk berwisata di situs Gunung Padang, Cianjur.
“Belum ada yang datang ke stasiun juga untuk konfirmasi ini,” ucapnya.
Dede mengatakan, kegiatan tersebut selalu menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai fasilitator dari wisata tersebut.  Sehingga, kedepannya wisata ini bisa dinikmati masyarakat umum baik wisatawan lokal maupun mancanegara.
“Dari PT KAI hanya memfasilitasi tiketnya, berikut dengan konsumsi yang mungkin sudah diselenggarakan oleh panitia disana. Kita dari stasiun hanya akan menyambut dengan baik para pengunjung,” ungkapnya.
Sebagai informasi, tujuan akhir tur ini adalah Disparbud Jabar ingin mengungkap bahwa kereta api yang melewati jalur-jalur pedalaman di Jabar, termasuk Cianjur, memiliki destinasi wisata yang tersembunyi.(rid/nik)

0 Komentar