Peduli Sesama, BUMDes Mantap Cianjur Bantu Warga Kurang Mampu

Peduli Sesama, BUMDes Mantap Cianjur Bantu Warga Kurang Mampu
0 Komentar

CIANJUR – Badan Usaha Milik Desa (BUMdes) Mantap, Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur memberikan bantuan sosial kepada para jompo di wilayahnya, Kamis (13/2/2020).
Bantuan tersebut merupakan awal dari program ‘Bumdes Mantap Peduli Sesama’ dalam membantu warga yang kurang mampu.
Bendahara BUMdes Mantap Desa Cidadap, Hendriani, mengatakan, program bantuan sosial ini merupakan inisiatif pengurus BUMDes Mantap. Tujuannya untuk membantu warga yang tidak mampu yang tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah.
“Seperti tidak mendapatkan bantuan dari program Sembako, PKH (Program Keluarga Harapan), dan tidak dapat BPJS Kesehatan gratis,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.
Dia menyebutkan, program bantuan sosial tersebut akan digelar satu bulan sekali. Dan jenis bantuan ini berupa sembako dan santunan yang menggunakan dana laba dari penghasilan BUMDes.
“Tadi itu (kemarin, red) baru launching. Baru tujuh orang jompo yang mendapatkan bantuan sembako dari kami,” ungkapnya.
Sedangkan, kata Hendriani, jumlah jompo yang tidak terdata untuk mendapatkan bantuan ada sekitar 80 orang dan keluarga kurang mampu yang tidak mendapatkan PKH ada sekitar 200 orang. Dia menyebutkan bahwa program bantuan sosial di wilayahnya masih banyak yang tidak tepat sasaran.
“Apalagi pada program sembako, masih banyak warga yang tidak mampu tidak mendapatkan bantuan. Sebab datanya masih menggunakan data lama. Malah, di Desa Cidadap banyak orang mampu yang mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah,” jelasnya.
Di samping itu, lanjut dia mengatakan, BUMDes Mantap mengelola unit usaha di antaranya penjualan elpiji 3 kilogram, penjualan ATK dan foto copy, sewa alat pengecoran jalan, dan menjual sembako.
“Semuanya dikelola dengan baik dan memberdayakan warga lokal untuk meningkatkan taraf perekonomian,” bebernya.
Dia menjelaskan, saat ini BUMDes Mantap sedang melirik potensi bisnis pada bidang pariwisata lokal untuk mendapatkan sumber pendapatan asli desa (PADes), sekaligus untuk pemberdayaan dan peningkatkan kegiatan perekonomian desa.
“Kami sedang mengembangkan potensi wisata di Situ Cibeureum dan Curug Badak. Kedua tempat wisata itu sangat potensial untuk pembangun sektor perekonomian baru dalam meningkatkan ekonomi warga khusus Desa Cidadap,” ungkapnya.

0 Komentar