Mendag Stop Impor Mamin dari China

Mendag Stop Impor Mamin dari China
ilustrasi.net
0 Komentar

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan bawang putih dalam negeri Mendag juga meminta bantua Mentan untuk menyediakan pasokan bawang putih.

“Jangan sampai nanti hitungan pasokan masih ada, ternyata di lapangan tidak ada. Memang situasinya seperti ini. Kita harus menciptakan iklim usaha yang sejuk,” kata dia.

Peneliti INDEF, Nailul Huda sepakat dengan kebijakan yang ditempuh pemerintah Indonesia untuk mengantisipasi mewabahnya Virus Corona di Indonesia.

Baca Juga:Kemendagri: Pemkab Natuna Cabut Surat Edaran Liburkan PelajarRumah Islami Pendidik Bangun Musala di SMP Secara Swadaya

“Menurut saya ini perlu karena Virus Corona ini masih berkembang kasusnya dan kita tidak tahu media penularan virusnya apa aja. Wajib berhati-hati,” kata dia kepada Fajar Indonesia Network (FIN).

Di sisi lain, dampak ekspor dan impor akan terasa bagi Indonesia. Meski begitu, pemerintah kata dia, harus mencari alternatif negara lain. Dampak ke sektor ekspor impor akan sangat terasa tapi mitra dagang kita kan bukan cuman China. Masih ada negara alternatif lainnya,” ucap dia.

Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Anung Sugihantono sebelumnya mengatakan, meminta masyarakat tidak perlu khawatir Virus Corona tidak menyebar melalui makanan maupun pakaian.

“Tidak ada ceritanya makanan, pakaian (menularkan Virus Corona). Jadi nggak ada pakaian dan makanan membuat menular (Virus Corona),” kata Anung.

Senada dengan Anung, Direktur Pengendalian Penyakit Menular Kemenkes, Wiendra Waworuntu menegaskan, bahwa hingga saat ini, makanan belum terbukti dapat menularkan Virus Corona. Kendati begitu, bila ingin makan unggas harus terlebih dahulu dimasak hingga benar-benar matang.

“Kalau bisa makan unggas itu dibolehkan tapi harus masak. Itu dianjurkan,” ujarnya.

Meski Virus Corona tidak menyebar melalui makanan, namun Anung mengimbau agar masyarakat selalu melindungi diri atau tak berdekatan dengan orang yang tengah batuk. Sedangkan bagi yang sedang batuk sebaiknya mengenakan masker supaya tidak menularkan virus tertentu.(dil/fin/hyt)

0 Komentar