IRT Rentan Terkena HIV/Aids Karena Suami Sering “Jajan” Sembarangan

IRT Rentan Terkena HIV/Aids Karena Suami Sering "Jajan" Sembarangan
ilustrasi.
0 Komentar

CIANJUR – Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur mengungkapkan 168 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) baru tahun ini sekitar 40 persennya merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT).
Sebagai antisipasinya, IRT diimbau untuk rutin memeriksakan diri dan melakukan tes VCT agar bisa mendeteksi dini jika tertular HIV/AIDS. Langkah ini sebagai bentuk pencegahan agar ketika hamil dan melahirkan, anak tidak tertular HIV.
“Kerentanan IRT terkena HIV/AIDS biasanya karena tertular oleh suami yang sering “jajan” sembarangan atau melakukan seks begonta-ganti pasangan,” ungkap Pengelola Program HIV/AIDS Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Cicih Kurniasih saat dihubungi cianjurekspres.net, Senin (23/12/2019).
Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, penyumbang ODHA di tahun ini paling banyak dari Lelaki seks Laki-laki, dan disisi ibu rumah tangga.
Cicih menambahkan tidak sedikit juga orang tua yang mengidap kemudian menularkan lagi ke anaknya ketika lahir. Hal itu dikarenakan tidak memeriksakan diri sejak dini ketika tertular.
“Lebih ke antisipasi kalau yang sudah menikah. Tapi memang baiknya suami juga sadar untuk turut tes VCT, dan terbuka dengan istri kalau memang terkena HIV/AID,” pungkasnya.(rid/hyt)

0 Komentar