Ribuan Siswa Bakal Deklarasi Pelajar Damai Pelajar Juara di Cianjur

Ribuan Siswa Bakal Deklarasi Pelajar Damai Pelajar Juara di Cianjur
0 Komentar

BANDUNG – Sebanyak 1.080 pelajar SMA, SMK, SLB, dan Madrasah Aliyah (MA) se Jawa Barat akan mendeklarasikan “Pelajar Damai Pelajar Juara” pada acara “Milenial Camp 2019” di Bumi Perkemahan Cibodas, Kabupaten Cianjur untuk mencegah radikalisme dan terorisme.
Kepala Bidang Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nanang Nurwasid mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan itu akan dilangsungkan selama tiga hari, yakni dari tanggal 18-20 November 2019.
Nanang mengatakan tema yang diusung dalam kegiatan yang mengutamakan pembinaan karakter kepada siswa tersebut adalah “Pelajar Damai, Pelajar Juara”.
Dia mengatakan dengan adanya deklarasi itu diharapkan siswa mendapat pengetahuan tentang bahaya radikalisme dan cara mencegahnya.
Pihaknya berharap pengetahuan yang mereka dapatkan selama tiga hari tersebut bisa menjadi bekal ke depannya agar mereka tidak terpapar soal radikalisme dan terorisme.
“Mayoritas peserta yang 50 persen perempuan dan 50 persen laki-laki itu adalah pengurus OSIS dan Rohis di 27 kabupaten/kota. Kami berharap deklarasi ini menjadi renungan dan pengetahuan bagi para siswa tentang toleransi dan jauh dari radikalisme,” kata Nanang, Minggu (17/19/2019).
Dia mengatakan tujuan Milenial Camp itu, selain untuk mempererat silaturahmi di antarpelajar, juga untuk memberikan kesadaran kepada mereka tentang bahaya radikalisme, terorisme, dan berita hoaks.
Ia menuturkan untuk memberi partisipasi pelajar dalam menangkal bahaya radikalisme, terorisme, dan berita hoaks demi menjaga keutuhan NKRI dan untuk memberi pembekalan dan pelatihan dalam rangka kontranarasi radikalisme di dunia maya.
“Yang terpenting juga dengan kegiatan ini kami ingin mencetak pelajar sebagai promotor perdamaian di dunia maya,” ujarnya.
Rencananya Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Kadisdik Jabar, Kapolda, Pangdam III Siliwangi, Ketua umum dan ketua harian Jabar Bergerak, Kabid PKLK Disdik Jabar, tokoh pemuda, dll akan hadir dalam kegiatan itu.
“Materi dalam Milenial Camp ini adalah motivational speech yang insya Allah langsung disampaikan Pak Gubernur. Kemudian, ada stadium general, workshop, dan inagurasi tentang antiradikalisme, serta deklarasi ‘Pelajar Damai, Pelajar Juara,” kata Nanang.

0 Komentar