Izin Belum Keluar, Aksi Kamisan Cianjur Bakal Diundur

Izin Belum Keluar, Aksi Kamisan Cianjur Bakal Diundur
0 Komentar

CIANJUR – Untuk pertama kalinya, sejumlah elemen masyarakat Cianjur yang peduli terhadap isu-isu HAM akan mengadakan aksi Kamisan. Kamisan merupakan kegiatan aksi damai yang diselenggarakan setiap hari Kamis pukul 16.00-17.00 WIB.
Di beberapa wilayah seperti Jakarta, Manado dan Surabaya, aksi Kamisan sudah berlangsung sejak 18 Januari 2007 dan sampai sekarang masih terus berjalan. Khusus di Cianjur, aksi ini direncanakan oleh elemen masyarakat termasuk mahasiswa Universitas Surya Kencana dengan beberapa anggota Aliansi Perpustakaan Jalanan.
“Ini nantinya jadi aksi kamisan pertama kalinya di Cianjur. Tadinya rencana hari Kamis tanggal 24 Oktober besok, cuma belum ada konfirmasi izin dari pihak kepolisian. Ada kemungkinan diundur Kamis depan setelah ada izin,” kata Anggota dari Aliansi Perpustakaan Cianjur, Fikar Zuhal Abda’u kepada cianjurekspres.net Rabu (23/10/2019).
Menurutnya, tujuan aksi Kamisan tersebut agar pemerintah dapat lebih menegakkan keadilan. Terlebih melihat situasi negeri ini, selalu berada diambang pelanggaran HAM yang terus menerus terjadi.
Zuhal mengatakan, aksi Kamisan dilandaskan kepada isu-isu pelanggaram HAM berat yang belum usai, mulai dari Tragedi Trisakti’98 hingga pelanggaran HAM dalam aksi penolakan RKUHP beberapa waktu lalu.(rid/hyt)

0 Komentar