Baru Tiga Desa yang Sudah Miliki Panitia Pilkades

Baru Tiga Desa yang Sudah Miliki Panitia Pilkades
DILANTIK: Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas telah melantik panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Di Kecamatan Cipanas baru tiga desa yang telah membentuk panitia Pilkades, sisanya masih dalam tahap seleksi (FOTO: AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR – Meski sudah memasuki tahapan pembentukan panitia pemilihan kepala desa (Pilkades), namaun baru tiga desa di Kecamatan Cipanas yang telah membentuk susunan panitia Pilkades. Tiga desa tersebut adalah Desa Cimacan, Ciloto dan Desa Sindangjaya. Sedangkan empat desa lainnya masih dalam tahap seleksi.
Plt Sekretaris Kecamatan Cipanas Tantan Ernawan menjelaskan, saat ini baru ada tiga desa panitia pilkades yang dilantik yakni Desa Sindangjaya, Cimacan, dan Ciloto. Sedangkan empat desa lainnya akan menyusul untuk proses pelantikannya.
“Pembentukan dan penetapan sekaligus pelantikan panitia pemilihan kepala desa ini, bertujuan untuk mensyahkan panitia Pilkades yang terpilih. Nantinya bisa melaksanakan aturan perundang-undangan, berlaku adil, profesional dan netral jangan sampai ada keterpihakan saat Pilkades,” ujar Tantan, Selasa (8/10).
Diakuinya, untuk Pemerintah Desa itu bertugas memfasilitasi kegiatan pemilihan panitia Pilkades, sedangkan yang mengadakan serta membentuk sekaligus melantik panitia Pilkades adalah Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
“Kami dari kecamatan akan membentuk tim yang akan mengawasi jalannya proses Pilkades. Diharapkan pelaksanaanya sesuai dengan aturan,” jelasnya.
Ketua BPD Desa Cimacan Deden Ismail menjelaskan, penetatan dan pelantikan panitia Pilkades ini sudah melalui berbagai tahapan, mulai tes administrasi, seleksi tes tertulis, dan dilanjutkan dengan tes wawancara.
“Hingga dilanjutkan rapat pleno BPD membahas hasil seleksi panitia Pilkades, dan hasilnya terpilih lima orang formatur inti panitia Pilkades Desa Cimacan,” tuturnya.
Pihaknya mengharapkan pelakaanaan Pilkades Cimacan para panitia bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan tugas fungsi yang disesuaikan aturan yang berlaku. Sehingga tahapan demi tahapan bisa terlaksana dengan baik
“Meskipun tahapan Pilkades ini hampir bersamaan dengan Pilkada serentak yang akan dilakukan di Cianjur, diharapkan ini bisa dilaksanakan secara langsung umum dan bebas rahasia. Tentunya dilaksanakan dengan jujur dan adil, sehingga menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat,” jelasnya.
Sementara itu Kepala Desa Cimacan Dadan Supriatna menuturkan tahapan pembentukan panitia Pilkades ini dimulai dari tahapan sosialisasi ke masyarakat, dengan merangkul masyarakat yang mau mendaftar panitia Pilkades. Setelah itu dilanjut seleksi, hingga akhirnya pelantikan para panitia Pilkades.

0 Komentar