Promotor Kesehatan Ujung Tombak Pemberian Informasi

Promotor Kesehatan Ujung Tombak Pemberian Informasi
SEMINAR: Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia Cabang Cianjur mengadakan Seminar dan Workshop Penguatan Kapasitas Promoror Kesehatan, di aula Wisma Kompas Gramedia beberapa waktu lalu. (FOTO: IST)
0 Komentar

CIANJUR – Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia Cabang Cianjur yang dipimpin oleh Bayu Firmansyah sebagai ketua, mengadakan Seminar dan Workshop Penguatan Kapasitas Promoror Kesehatan, di aula Wisma Kompas Gramedia, Kecamatan Pacet, pada Sabtu (31/8) lalu.
Promotor Kesehatan, dari RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor, Iyep Yudiana menjelaskan, dalam kesempatan itu, sebanyak 55 promotor kesehatan dilantik sumpah profesi untuk pengabdian kepada masyarakat. Sekitar 120 orang, juga turut hadir dalam kegiatan tersebut yang terdiri dari 65 orang peserta seminar dan workshop yang berasal dari Bekasi, Depok, Bogor, Cianjur, Bandung dan kota lainnya.
Sementara itu, yang 55 orang diantaranya adalah peserta Pelantikan Sumpah Profesi sebagai Promotor Kesehatan. Hadir pula Hj. Tuti Surtimanah sebagai Ketua Perkumpulan Perkumpulan Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat Indonesia (PPPKMI) Daerah Jawa Barat yang juga sebagai narasumber bersama Novie Setiabakti sebagai Trainer Public Speaking.
Iyep mengungkapkan, beberapa undangan mewakili organisasi profesi kesehatan masing-masing di Kabupaten Cianjur, kompak turut hadir mendukung kegiatan PPPKMI yang terdiri dari Dr. Budi dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Hj. Liste dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Ibu Nani Persatuan Ahli Gizi (Persagi). Anas dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan (Hakli), beserta Rina Yudianti sebagai Kasie Sumber Daya Manusia Kesehatan, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, yang menjadi saksi pelantikan sumpah profesi, dan beberapa panitia dari pengurus PPPKMI Cabang Cianjur.
“Dalam pemaparannya, Hj. Tuti menjelaskan betapa pentingnya Organisasi Profesi PPPKMI sebagai wadah bagi para Promotor dan Pendidik Kesehatan Masyarakat dalam menjalankan tugasnya. Sementara Kang Novie memberikan trik-trik cara komunikasi yang baik disertai simulasi komunikasi interaktif,” ungkapnya.
Iyep dan Sumarni Situmorang dari RS.Dr.H. Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor yang didampingi rohaniawan masing-masing, tampil kedepan mewakili 55 peserta pelantikan sumpah profesi sebagai promotor kesehatan yang di pimpin oleh Ketua PPPKMI Jabar yang di dampingi Ketua PPPKMI Cabang Cianjur dan saksi dari Dinkes Cianjur, beserta para undangan dari organisasi profesi kesehatan di Kabupaten Cianjur.
“Kesimpulan dari seminar, workshop dan pelantikan sumpah profesi adalah bahwa Promotor Kesehatan merupakan ujung tombak pemberian informasi, edukasi dan komunikasi kesehatan kepada masyarakat untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal,” pungkasnya (job3/sri).

0 Komentar