Ribuan Anak Usia Dini Ikut Manasik Haji

Ribuan Anak Usia Dini Ikut Manasik Haji
MANASIK HAJI: Ribuan anak usia dini tengah mengikuti kegiatan manasik haji yang dilaksanakan di lapang Prawatasari Joglo, Selasa (27/8) (FOTO: JOB3/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR – Sedikitnya 1.300 anak dari 50 Taman Kanak-kanak (TK) yang ada di Kabupaten Cianjur mengikuti kegiatan manasik haji yang diadakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) Wilayah 1 Kabupaten Cianjur, di Lapangan Prawatasari, Selasa (27/8). Dalam kegiatan yang berlangsung itengah terik matahari itu, para anak usia dini nampak antusias mengikuti rangkaian kegiatan seperti halnya melaksanakan ibadah haji.
Ketua IGTKI Wilayah 1 Cianjur, N Rohmah mengatakan, kegiatan manasik haji sekarang diikuti oleh sekitar 50 TK dari wilayah 1 Cianjur, Gekbrong, Warungkondang.
“Jumlah peserta sebanyak 1.300 orang dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan anak-anak usia dini, dan mengenal rukun Islam yang ke-5, juga mengenalkan anak didik untuk lebih berahklakul kharimah dan mendidik keterampilan, serta keimanan anak di usia dini,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.
Rohmah melanjutkan, dalam kegiatan yang berlangsung, para siswa harus mengikuti semua ritual haji yang tempatnya sudah disediakan dari mulai Miqot, berangkat ke Mina, ke lempar Jumroh, ke Ka’bah, dan lainnya.
“Semua anak harus mengikuti ritual tersebut yang dibimbing oleh kepala sekolah TK nya langung. Harapannya dengan diadakannya manasik haji miniatur seperti ini semoga anak-anak bisa memahami dan mengetahui bahwa di rukun islam yang ke lima itu ada ibadah naik haji, dan anak bisa memupuk kedisiplinan, dan keimanannya terhadap Allah SWT,” katanya.
Pihaknya mengapresiasi para orang tua yang tengah sabar mendampingi anak-anaknya selama pelaksanaan kegiatan. Demikian juga kepada para kepala sekolah beserta dewan gurunya yang telah mendukung acara manasik haji iyang dilaksanakan setiap tahun dan sudah menjadi program dari IGTKI.
“Setiap tahunnya kita laksanakan kegiatan manasik haji ini. Kegiatan kali ini utuk yang ke enam kalinya. Kita laksanakan berbarengan dengan waktu ibadah haji di Mekkah. Kita buat miniatur sedemikian rupa yang seolah mirip dengan yang aslinya,” paparnya. (job3/sri)

0 Komentar