Babinsa Ajak Warga Jaga Kebersihan

Babinsa Ajak Warga Jaga Kebersihan
TERJUN LANGSUNG: Babinsa Desa Sabandar, Koramil 0806 Kecamatan Karangtengah, Pelda Ganda Ruskanda terjun langsung bersama warga membersihkan sungai (FOTO: AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR – Babinsa Desa Sabandar, Koramil 0806 Kecamatan Karangtengah, Pelda Ganda Ruskanda mengajak warga masyarakat peduli kebersihan lingkungan dengan membersihkan aliran sungai Desa Sabandar, Kecamatan Karangtengah, Selasa (6/8).
Kegiatan bersih-bersih sungai tersebut untuk mengantisipasi terjadinya banjir pada musim penghujan. Apalagi, saat hujan deras, air sungai sering meluap ke pemukiman warga. Penyebabnya, banyak sampah dan tumbuhan yang mengakibatkan pendangkalan di sungai.
Ganda berharap, dengan kerja bakti ini, kampung yang berada di sekitar sungai bila hujan tiba tidak akan kebanjiran. Selain itu juga mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berkoordinasi dengan RT dan RW untuk selalu menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah di sungai.
“Hari ini (kemarin) kami melakukan pengerukan dan membersihkan yang ada di sungai untuk mengantisipasi banjir. Berikutnya kami ajak masyarakat bersinergi menjaga kebersihan sungai,” ujarnya.
Ganda mengatakan, saat ini memang musim kemarau. Namun tidak menutup kemungkinan jika hujan turun apabila masih banyak sampah disungai atau aliran air maka dipastikan akan terjadi banjir.
“Meskipun kondisi saat ini musim kemarau, akan tetapi tidak ada salahnya kalau kita bersihkan selain dilihatnya indah juga kedepan apabila terjadi hujan besar pun dipastikan bisa mengurangi terjadinya banjir,” katanya.
Menurutnya, menjadi Babinsa itu harus bisa menjaga dan mengajak masyarakat untuk hidup saling menjaga dan yang diutamakan adalah kebersamaan kerukunan antar sesama.
“Kita berupaya menjaga, selain itu juga bagaimana caranya tinggal di desa binaan kita menjadi desa yang aman nyaman bagi warga,” tandasnya.(yis/sri)

0 Komentar