Targetkan 15 Puskesmas Ramah Anak

Targetkan 15 Puskesmas Ramah Anak
PUSKESMAS: Inilah salah satu penghargaan yang diterima Puskesmas Karangtengah sebagai salah satu Puskesmas ranmah anak tahun lalu (FOTO: IST)
0 Komentar

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur menargetkan di tahun ini ada 15 Puskesmas ramah anak. Layanan tersebut dibentuk untuk menunjang Cianjur sebagai Kabupaten Layak Anak.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur, Tresna Gumilar, mengatakan, sejak tahun lalu Dinkes sudah menjalankan program pembentukan Puskesmas ramah anak, dengan target 10 Puskesmas. Di tahun ini pun ditargetkan Puskesmas ramah anak bertambah sampai 15 puskesmas.
“Tahun ini kami akan tambah puskesmas ramah anak sampai 15 Puskesmas. Diutamakan di Puskesmas di wilayah perkotaan,” kata dia kepada Cianjur Ekspres saat ditemui di Pendopo Cianjur, Jumat (26/7).
Menurutnya, dari 10 Puskesmas yang dibentuk, dua diantaranya mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.
“Untuk tahun lalu yang dapat penghargaan Puskesmas Karangtengah, di tahun ini yang dapat Puskesmas Ciherang. Dua-duanya berada di wilayah Kecamatan Karangtengah,” kata dia.
Ada 15 indikator yang harus dipenuhi oleh Puskesmas untuk menjadi Puskesmas ramah anak, dimana seluruhnya mengacu pada enam kompenen ramah anak, mulai dari sumber daya manusia (SDM), sarana prasarana dan lingkungan, pelayanan, pengelolaan, partisipasi anak, serta pemberdayaan masyarakat.
Dia menambahkan, Puskesmas ramah anak dibentuk untuk menunjang program dan target Cianjur untuk menjadi kabupaten layak anak. Dengan begitu, diharapkan segala fasilitas tersebut dapat membuat anak lebih terjamin, terutama dari segi layanan kesehatan.
“Target ke depannya seluruh Puskesmas itu harus ramah anak, sepertihalnya yang sudah dijalankan dimana 45 Puskesmas di Cianjur terakreditasi,” ucapnya.(bay/sri)

0 Komentar