Berkat Maraknya Postingan Fotonya di Medsos, Alamat TKW Misterius Ditemukan

0 Komentar

CIANJUR – Identitas dan alamat keluarga Aminah TKW misterius yang alami stroke akhirnya berhasil ditemukan. Upaya Disnakertrans Jawa Barat pun berbuah hasil, setelah informasi keberadaan TKW misterius itupun berhasil juga dilihat oleh keluarganya melalui media sosial.
Keluarga dari Aminah atau yang bernama asli Ummi Kulsum ternyata berada di Kampung Jangarang RT 04/02 Desa Panyusuhan Kecamatan Sukaluyu. Padahal sebelumnya Aminah dikabarkan bertempat tinggi di Desa Sindangjaya Kecamatan Ciranjang, namun tak ditemukan identitas dan keluarganya di beberapa desa yang diduga kampungnya tersebut.
Namun, dalam proses pencairan ternyata anak dari Aminah melihat postingan dan informasi dari media massa terkait adanya TKW misterius yang kemudian banyak dishare di media sosial.
“Awalnya bisa ketemu itu kan anaknya memang bisa menggunakan HP, ada beberapa orang yang ngirim ke dia dan ditunjukkan ke saya. Saya sempat tidak percaya, karena sebelumnya ketika hilang kontak banyak didapat informasi palsu. Tapi dilihat ada fotonya juga, dan memang mirip dengan keponakan saya itu,” ujar Ucu Gozali (59) paman Aminah.
Menurutnya, keluarga pun menghubungi pihak berwenang, jika TKW misterius tersebut adalah keluarganya yang hilang kontak sejak 5 tahun lalu.
“Berangkatnya sudah sejak 9 tahun, tapi lima tahun lalu sempat ada kontak namuan gak jelas suaranya. Mungkin itu mulai dia sakit. Alhamdulillah ada jalannya sekarang, dan bisa dihubungkan dan dipulangkan oleh para pihak yang berwenang usai dapat informasi tersebut,” kata dia.
Dia mengibaratkan bisa pulang kembalinya Aminah ke keluarga bagaikan mimpi. Pasalnya sudah berbagai upaya dilakukan pihak keluarga untuk mencari kontak Aminah atau Ummi Kulsum. Tidak adanya kontak yang jelas, ditambah tidak dikethauinya pihak sponsor mana dan perusahaan pemberangkatan TKI mana yang memberangkatkan Aminah menjadi kendala bagi keluarga mencari keberadaan keluarganya tersebut.
“Saya mengatasnamakan keluarga berterimakasih kepada semua pihak yang sudah berusaha menyebarkan informasi, mencari alamat, dan memulangkan keluarga kami ini,” katanya.
Kepala Disnaker Provinsi Jawa Barat, Muhamad Ade Afriandi, mengatakan, ditemukannya TKW Aminah tersebut berawal saat pihaknya mendapat informasi adanya pekerja migran Indonesia yang diberinama Aminah yang mengalami stroke dan dirawat di RS Kramat Jati.

0 Komentar