Ada Pementasan Drama di Unsur

0 Komentar

CIANJUR – Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia tingkat 2, menggelar Pementasan Drama, Kamis (16/5) di ruang Audiotorium Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Suryakancana (Unsur).
Dibuka untuk umum dan gratis, pentas drama ini mengusung tema “Kabayan di Negeri Romeo”. Pementasan drama ini terselenggara untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah yaitu mata kuliah Kajian dan Apresiasi Drama dimana mahasiswa tingkat 2 pendidikan Bahasa Indonesia, harus mementaskan sebuah penampilan drama.
Kegiatan tersebut adalah penampilan ke dua karena pada hari Rabu, 15 Mei 2019 mahasiswa tingkat 2 pendidikan bahasa Indonesia mengadakan suatu gladi dengan dosen pengampu, dan hari ini saat mementaskan dengan banyak penonton dihadiri oleh sekretaris prodi pendidikan Bahasa Indonesia.
Pesan moral yang terkandung dalam pentas drama “Kabayan di Negeri Romeo” yaitu kita harus saling menghargai satu sama lain, dan harus terus melestarikan basa sunda.
Anshor selaku Sutradara mengatakan, meskipun ini pentas drama Bahasa Indonesia, tapi masih ada campur kode di mana bahasa Indonesia dan bahasa Sunda itu disatukan, dan tetap menggunakan logat basa sunda.
“Agar kita sebagai penduduk yang tinggal di tanah Pasundan dapat terus melestarikan budaya dan bahasa Sunda. Acara ini guna menumbuhkan rasa apresiasi masyarakan kampus terhadap suatu pementasan,” kata dia melalui rilis yang diterima oleh Cianjur Ekspres, Kamis (16/5).
Selain itu, Nayla salah satu penonton merasa sangat terhibur dengan adanya acara tersebut. “Saya sebagai penonton pementasan drama yang berjudul Kabayan di Negeri Romeo sangat menikmati alur ceritanya. Acara pementasan drama ini juga sangat seru, bagus dan cocok ditonton oleh para pecinta teater,” tutur Nayla.
Di samping itu, Ketua Media Kampus FKIP Unsur, Rafi Nurfauzi mengatakan, pentas drama tersebut merupakan suatu hal yang sering dilakukan oleh para mahasiswa di program study pendidikan Bahasa Indonesia. Karnea drama itu sendiri adalah cakupan dari materi pelajaran yang telah dipelajari.
“Untuk pementasan tadi di FKIP unsur, merupakan salah satu tugas akhir dalam mata kuliah kajian apresiasi drama. Selain dari pada itu memang di luar dari pada mata kuliah juga kami sering melakukan pagelaran pentas, dan banyak juga para mahasiswa dari program study lain yang memang mumpuni materi pelajaran lain yang suka mengundang kami sebagai penghibur khususnya dalam acara-acara mereka untuk mementaskan kesenian,” tambahnya (job3/sri).

0 Komentar