Dana Desa Tuntaskan Pembangunan Infrastruktur di Wilayah Desa

0 Komentar

MANFAAT sejak adanya bantuan keuangan Dana Desa (DD) yang diterima setiap desa sangat dirasakan. Pemerintah desa selalu berlomba untuk membangun desa melalui dana tersebut. Infrastruktur menjadi salah satu target pembangunan yang didanai oleh DD.
Seperti yang dilakukan pemerintah Desa Sukatani, Kecamatan Pacet. Pada tahun 2018, pelaksanaan pembangunan yang menggunakan anggaran DD sudah dilaksaakan. Tiga tahap pencairan anggaran DD dilaksanakan untuk pembangunan fisik seperti infrastruktur jalan, pembuatan MCK, jembatan dan lainnya. Seluruhnya sudah selesai seratus persen sesuai dengan target.
Kepala Desa Sukatani, Kecamatan Pacet, H Udin Sanusi mengatakan, mulai dari DD tahap pertama, tahap pembangunan fisik di desa Cikaroya selama anggaran 2018 sudah terserap serta sudah di pasangkan sesuai rencana anggaran biaya (RAB), serta perencanaan dari keinginan masyarakat.
“Sekarang tahap pertama infrastruktur jalan sudah selesai, dan tahap dua pun MCK serta sudah beres, dan tahap tiga jalan fisik sudah selesai. Jadi anggaran dana desa dari pusat untuk Desa Sukatani 100 persen tuntas,” katanya.
Dijelaskannya, total keseluruhan biaya yang di keluarkan untuk pembangunan dari DD tahap pertama, ke dua, dan ke tiga anggaran 2018, sebesar Rp 1.122,955,000,-.
“Itu termasuk dengan dana Hibah RT, belum lagi ADD itu untuk siltap atau gaji staf, dan sekarang alhamdulillah sudah terealisasi dengan baik. Alhamdulillah respon dari masyarakat sangat positif,” terangnya.
Sebagai kepala desa, dirinya berharap pembangunan di Desa Sukatani benar – benar merata dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Yang sudah terealisasi semoga bisa digunakan oleh masyarakat dan benar – benar bermanfaat,” tandasnya.(adv/yis/sri).

0 Komentar