Disdukcapil Geber Perekeman e-KTP Bagi Pemilih Pemula

0 Komentar

CIANJUR – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Cianjur melaksanakan percepatan perekaman e-KTP bagi pemilih pemulam,Selasa (12/3). Kali ini yang menjadi sasaran adalah para siswa dan siswi di SMAN 1 Cianjur.
Perekaman secara jemput bola ini dilaksanakan sesuai dengan intruksi Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk meminimalisir warga yang tidak berpartisipasi pada Pemilu.
Kepala Seksi (Kasi) Identitas Penduduk Disdukcapil Cianjur Yudi Nugraha mengatakan, perekaman dilaksanakan bagi usia pemula yang sudah menginjak 17 tahun atau wajib memiliki KTP.
“Kebetulan ini kita sedang berjalan, kita sudah melaksanakan jemput bola dari bulan Januari lalu, saat ini kita laksanakan di SMAN 1 Cianjur, langsung kita rekam dan di cetak e-KTPnya,” katanya.
Alasan jemput bola kata Yudi, karena usia pemula ini masih berada di usia pendidikan. Sehingga dengan mendatangi sekolah sebagai upaya untuk mempercepat perekaman dan percetakan.
“Sesuai surat dari Dirjen Dukcapil Kemendagri kita lakukan percepatan perekaman dan pencetakannya agar bisa ikut serta dalam Pemilu 2019 nanti. Ini pemilih potensial, maka dari itu jangan sampai mereka terhambat karena belum memiliki e-KTP sebagai syarat untuk pemilih,” imbuhnya.
Yudi mengungkapkan, perekaman ini dilaksanakan selama satu hari, untuk jumlah keseluruhan ada 600 siswa. Namun setelah disinkronisasi datanya ada sekitar 80 siswa yang belum sama sekali mengikuti proses pembuatan administrasi kependudukan.
“Sebelumnya ada 600 siswa, tapi setelah kita saring dan disinkronkan data dengan kami ada sekitar 80 orang, karena sudah ada yang sebelumnya direkam dan sudah memiliki e-KTP,” tuturnya.
Yudi menambahkan, pihaknya akan terus melaksanakan jemput bola agar proses percepatan administrasi kependudukan bisa dilaksanakan.
“Kita akan terus jemput bola khususnya bagi pemilih pemula, bahkan minggu depan kita akan ke sekolah lainya untuk melaksanakan perekaman dan pencetakan e-KTP pemilih pemula,” ungkapnya. (yis/sri)

0 Komentar