Meriah, Ratusan Siswa Ikuti Pentas PAI

0 Komentar

CIANJUR – Ratusan siswa SMK mengikuti kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas) PAI antar siswa SMK se-Kabupaten Cianjur di SMKN 1 Pacet Cianjur, Sabtu (23/2). Melalui kegaitan itupun, diharapkan bisa terbentuk generasi millenial yang berkarakter religius dan nasionalis.
Ketua penyelenggara dari MGMP PAI SMK Cianjur, Kankan Sukanda, menyebutkan bahwa ada 42 SMK Negeri dan Swasta yang mengirimkan peserta lomba yang berlangsung selama satu hari di SMKN 1 Pacet Cianjur. Diperkirakan ada sekitar 500 peserta lomba ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu.
Menurutnya, terdapat 8 mata lomba yang ditandingkan yaitu MTQ, Pidato, Cerita Islami, Nasyid, Karya Ilmiah Remaja, Kaligrafi, Busana Muslimah dan Debat PAI. Setiap pemenang lomba akan menjadi utusan kegiatan Pentas PAI tingkat Jawa Barat sekitar bulan April 2019.
“Sesuai dengan tema, kami ingin Pentas PAI ini bisa membangun karakter siswa SMK yang Berakhlakul Karimah dalam Mempersiapkan Generasi Millenial yang Berkarakter Religius dan Nasionalis,” kata dia kepada Cianjur Ekspres.
Menurutnya, era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi siswa sebagai generasi millenial. Melalui Pentas PAI, mereka dapat menyalurkan potensi dirinya yang dibingkai dengan karakter religius dan nasionalis, sehingga mampu bersaing di tingkat global.
“Maka dari itu pembentukan potensi peserta didik yang berkarakter religius dan nasionalis dinilai penting,” kata dia.
Dia menambahkan, kegiatan yang dihadiri juga oleh Ketua MKKS SMK, Pengawas GPAI SMK dan perwakilan dari Dinas pendidikan Provinsi Jawa Barat itu tidak semata sebagai ajang lomba, tetapi dijadikan ajang silaturahmi antar siswa juga guru-guru PAI SMK di Kabupaten Cianjur.
Sementara itu kegiatan serupa juga dilaksanakan untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Cianjur. Sebanyak 32 sekolah tingkat SD perwakilan dari 32 Kecamatan di Cianjur mengikuti pentas Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilaksanakan di empat titik. Dalam perlombaan Pentas PAI tersebut ada 7 mata perlombaan, serta yang mendapatkan juara akan diikut sertakan dalam perlombaan Pentas PAI Kabupaten pada April mendatang.
Koordinator kegiatan Pentas PAI, N Enoh Suryana mengatakan, semua mata lomba dilaksanakan secara serentak di empat tempat diantaranya di alun-alun Cianjur, Masjid Agung Cianjur, SDN Ibu Dewi 1, SDN Ibu Dewi 2 dan SDN Ibu Dewi 6.

0 Komentar