Baznas Salurkan Penguatan Modal Bagi UMKM

0 Komentar

CIANJUR – Sebanyak 177 pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Cianjur mendapatkan bantuan sarana dan prasarana serta permodalan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cianjur. Untuk tahap awal baru 27 pelaku UMKM yang telah mendapatkan bantuan secara langsung dari Baznas.
Penyerahan bantuan tersebut dilaksanakan di aula asrama haji Kementerian Agama (Kemenag) Cianjur Jalan Raya Bandung, Sadewata, Kecamatan Karangtengah, Kamis (7/2). Selain penyaluran bantuan program Cianjur Makmur Baznas, penyaluran dana zakat pangan untuk dhuafa juga dilakukan untuk 100 mustahik oleh BMM Bank Muamalat.
Ketua Baznas Kabupaten Cianjur H. Yosep Umar mengatakan, sebelum bantuan tersebut disalurkan telah dilakukan assassment terhadap para pelaku UMKM tersebut. Setelah dinyatakan layak dan memenuhi berbagai persayaratan, Baznas baru bisa menyalurkan bantuan.
“Tujuan bantuan ini salah satunya untuk keluar dari kemiskinan. Melalui bantuan ini diharapkan mereka yang menerima bisa meningkatkan usahanya,” kata Yosep saat ditemui Cianjur Ekspres.
Yosep menegaskan, tidak hanya menyalurkan bantuan, tapi pihaknya juga melakukan pendampingan terhadap para pelaku UMKM tersebut. “Kita tidak lepas begitu saja, kita juga lakukan pendampingan untuk usahanya. Sehingga kita bisa mengetahui sebelum dan sesudah setelah mendapatkan bantuan dari Baznas,” tegasnya.
Penyaluran bantuan yang saat ini diserahkan Baznas berupa etalase, gerobak usaha, ternak lele, mesin jahit. “Kita tidak hanya bantuan untuk permodalan, sarana dan prasarana. Ada program lain juga yang kita lakukan, seperti bantuan untuk kegiatan keagamaan, pendidikan dan untuk rumah tidak layak huni,” jelasnya.
Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat KH Arif Ramdani, mengapresiasi apa yang dilakukan Baznas Kabupaten Cianjur. Pihaknya mengharapkan dengan zakat bagaimana bisa membangun ekonomi umat, khususnya yang ada di Cianjur.
“Cita-cita bagaimana zakat mampu hadir, bisa membangun kekuatan ekonomi umat, bisa memajukan masyarakat dan membantu program pemerintah. Ini akta sejarah membuktikan kalau mengelola penuh amanah dan tanggungjawab mampu mengebalikan kejayaan umat dibidang ekonomi,” paparnya.
Pihaknya juga berpesan kepada para penerima bantuan, agar dimanfaatkan sesuai dengan ketentuan. Jangan sampai bantuan yang telah disalurkan dari Baznas tersebut disalahgunakan.

0 Komentar