Sapi Bantuan Pemerintah Bertambah Jadi 20 Ekor

0 Komentar

CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur menerima bantuan 18 ekor sapi unggulan jenis Brahman Croos dari pemerintah pusat yang diterima melalui Dinas Kelautan Perikanan dan Perternakan Cianjur.
Sekertaris Dinas Kelautan Perternakan dan Perikanan Kabupaten Cianjur, Afif Darmawan mengatakan, sapi unggulan jenis brahman croos tersebut diterima Pemkab Cianjur, tahun lalu untuk di budidayakan.
“Saat ini 18 ekor sapi itu berada di balai UPTD Kecamatan Agrabinta, dengan luas lahan sekitar empat hektar. Saat ini sapi tersebut sudah bertambah menjadi 20 ekor,” katanya kepada wartawan, Selasa (5/2).
Dia menjelaskan, dipilihnya Agrabinta sebagai lokasi pembiakan sapi unggulan tersebut karena wilayah selatan sangat berpontensi untuk peternakan sapi pedaging.
Meskipun hingga saat ini belum melibatkan warga sekitar secara langsung seperti merawat dan mememlihara sapi, untuk sementara warga hanya sebatas penyedia pakan ternak.
Dia menambahkan, di tahun ini, Pemkab Cianjur belum mendapatkan bantuan sapi dari pemerintah pusat, namun dinas berharap kembali mendapat bantuan dan telah mengajukan usulan untuk penambahan.
“Melihat potensi yang sangat besar dan lahan perternakan yang sangat luas tentunya belumlah mencukupi untuk memenuhin kuota sapi di balai UPTD Agrabinta. Sehingga kami kembali mengajukan penambahan jumlah sapi untuk dibiakkan,” katanya.
Dia menambahkan, baru ada dua jenis hewan ternak yang ada di balai UPTD Agrabinta, sapi unggul brahma croos dan kambing lokal. “Kami berharap program yang diinginkan pemerintah pusat dapat berjalan dengan lancar, sehingga ketika jumlahnya bertambah dapat mempekerjakan warga sekitar,” katanya.(bay/sri)

0 Komentar