Dinsos Sosialisasikan BNPT, April Mulai Berlaku

0 Komentar

CIANJUR – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur mulai melakukan sosialisasi bantuan Pangan Non Tunai (BNPT) yang rencananya mulai berjalan April mendatang. Diharapkan, program tersebut bakal membuat bantuan pangan lebih tetap sasaran.
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cianjur, Amad Mutawali mengatakan, sejak tahun lalu pihaknya sudah melakukan persiapan, yakni dengan melakukan verifikasi data keluarga penerima BNPT. Tercatat sebanyak 189.959 keluarga penerima manfaat (KPM).
“Angkanya sama dengan keluarga penerima manfaat untuk program Rastra. Kalaupun nanti ada perubahan tinggal diperbaiki,” kata Amad kepada Cianjur Ekspres, Selasa (29/1).
Menurutnya, para keluarga penerima manfaat tersebut akan mendaparkan sosialisasi terkait sistem dan prosesdur penerimaan bantuan.
“Sosialisasinya dimulai dari tingkat kabupaten, kemudian ke kecamatan dan desa, hingga nanti akhirnya pada penerima manfaat itu sendiri. Seperti belum lama ini kami di Karangtengah, rencananya di pekan ini akan ada sosialisasi di Kecamatan Pacet,” kata dia.
Dia mengatakan, program tersebut dinilai akan lebih efektif dibandingkan Rastra, mengingat penerimanya akan lebih tepat sasaran. Hanya penerima kartu yang bisa mendapatkan bantuan, yang nantinya bisa dibelikan ke warung atau suplayer yang sudah bekerjasama untuk menjalankan program tersebut.
Sementara, itu untuk rastra masih banyak pihak yang membagi secara rata meskipun ada penerima yang bukan masuk dalam keluarga penerima manfaat.
“Semoga saat pelaksanaannya nanti juga berjalan optimal tanpa ada penyimpangan. Suplayer pun masih kami data dan verifikasi,” pungkasnya. (bay/sri)

0 Komentar