Gemas LiterCi Wujud Geliat Literasi

Gemas LiterCi Wujud Geliat Literasi
KOMUNITAS: Kordinator Gemas LiteraCi SMA, Badriah saat memberikan materi di Gedung SD Mardiyuana Cianjur, Sabtu (1/12). Gemas LiteraCi merupakan wadah komunitas bagi para guru di Kabupaten Cianjur yang memiliki misi yang sama.
0 Komentar

CIANJUR – Komunitas Gerakan Masyarakat Literat Cianjur (Gemas LiteraCi) sebagai wujud geliat literasi para guru di Kabupaten Cianjur, adakan pelatihan menulis untuk para guru beberapa waktu lalu. Kegiatan tersebut ditandai dengan Pelatihan Menulis Kreatif. Pelatihan ini diikuti oleh 250 orang guru yang berunit kerja di SD, SMP, SMA, dan SMK.
Kordinator Gemas LiteraCi SMA, Badriah mengatakan, pelatihan tersebut digagas oleh beberapa orang guru, pengawas, dan majalah guneman yang menginginkan Cianjur sejajar dengan kabupaten atau kota lain.
“Gemas LiteraCi merupakan wadah komunitas bagi para guru di Kabupaten Cianjur yang memiliki misi yang sama. Salah satu misinya diantaranya berupaya berkarya sesuai kemampuan. Melalui banyak latihan dan dibantu oleh kemauan yang keras,” kata Badriah saat dihubungi Cianjur Ekspres, Minggu (2/12).
Menurut Badriah, misi berkarya sesuai kemampuan dengan dasar bahwa setiap orang mampu berkarya. Namun dengan kemampuan yang berbeda, ada yang mampu menulis dalam bentuk puisi, ada yang sangat suka menulis cerita pendek, ada yang asyik menulis karya ilmiah, ada yang bermain dengan kata-kata dalam bahasa Inggris.
“Sedangkan kemauan menjadi salah satu hal yang diperhatikan karena kemauanlah yang kelak mengubah wajah literasi Kabupaten Cianjur. Kemauan menjadi penting karena untuk menjadi literat dituntut melakukan dua hal secara bersamaan dan berkelanjutan. Diantaranya adalah membaca,” katanya.
Individu literat, lanjut dia, membutuhkan asupan untuk ditularkan kembali dalam bentuk tulisan ataupun lisan. Asupan itu adalah membaca. Bagi yang tidak memiliki talenta menulis, membaca menjadi keharusan. Usai membaca, informasi menjadi begitu kaya sehingga bisa berbagi informasi baru berdasarkan hasil bacaan. Sedangkan menulisnya sendiri, merupakan aktivitas lanjutan yang dikuasai dengan cara banyak latihan.
“Gemas LiteraCi memang menyadari bahwa tidak banyak guru yang lahir dengan kemampuan menulis bawaan (gifted). Oleh karenanya, berlatih menulis menjadi syarat kedua yang harus dilakukan. Berlatih yang dituntut adalah yang rutin dan berkelanjutan. Ibarat berlatih naik sepeda, untuk menguasai menulis dibutuhkan kuantitas latihan menulis yang tinggi. Makin sering berlatih, makin baik atau dikenal dengan peribahasa practice makes perfect (latihan membuat sempurna),” paparnya.

0 Komentar