Desa Belum Bersih dari Narkoba

Desa Belum Bersih dari Narkoba
NARKOBA: Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Komjen Pol Drs Heru Winarko mengatakan, hingga saat ini belum ada desa yang benar-benar bersih dari penyalahgunaan narkoba
0 Komentar

Di samping pencegahan dan pemberantasan, BNNP Jabar juga menyelenggarakan program rehabilitasi. Program ini diperuntukkan bagi masyarakat korban peredaran narkoba dan tidak dipungut biaya karena ditanggung oleh negara.
Program rehab dibagi menjadi dua. Pertama, rawat jalan yang dikhususkan bagi korban narkotika pemula. Kedua rawat inap, ditujukan bagi korban yang sudah kecanduan.
Bagi masyarakat yang akan mengikuti program rehab bisa meminta bantuan aparat desa atau lurah, mulai dari tingkat RT atau RW, Babinsa, Bhabinkamtibmas, kemudian dibawa ke puskesmas dan dirujuk ke BNN kabupaten/kota setempat.
Sebelum direhab, korban akan dilakukan asesment oleh tim terpadu untuk mengetahui tingkat kecanduan, pengaruh psikologis, dan kondisi kesehatan.
Sementara itu, Wakil Bupati Cianjur Herman Suherman, berharap program tersebut bisa membuat Cianjur benar-benar bebas dari narkoba, baik untuk perkotaan hingga pedesaan. Dengan begitu Cianjur yang lebih maju dan agamis bisa terwujud secara maksimal.
“Kami juga akan terus bergerak untuk pencegahan narkoba. Soalnya kan peredaran itu akibat adanya supply dan demand, supply nya diperintah aparat, demand nya ini kami bina untuk terhindar dari penyalahgunaan narkoba,” pungkasnya. (bay/sri)

0 Komentar