Kampung Wisata Pandanwangi Berikan Edukasi

Kampung Wisata Pandanwangi Berikan Edukasi
WISATA EDUKASI: Rumah adat Sunda yang terbuat dari kayu rasamala dan bambu dengan atap dari ijuk dan kayu, berdiri diatas lahan seluas 12 hektar di kawasan Kampung Wisata Pandanwangi, di Kampung Cimanggu, Desa Tegalega, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. (AYI SOPIANDI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

Boyke mengungkapkan, konsep dari tempat wisata ini setiap pengunjung yang datang akan berganti baju lalu berpakaian seperti petani. Pengunjung akan dipandu masuk ke rumah lalu turun ke sawah biar bisa merasakan kehidupan seperti petani.
“Kami berharap pengalaman yang didapat bisa menjadi memori baik di benak setiap para pelajar dan bisa memberikan edukasi tentang budaya khas Cianjur, tak hanya pelajar tapi untuk masyarakat luas lainnya juga,” kata Boyke.
Saat ini tahap pembangunan sudah hampir selesai. Ia berharap kampung wisata tersebut bisa segera dibuka dan diresmikan. “Dalam tahap penyelesaian pak, kami berharap bulan depan sudah bisa diresmikan,” pungkasnya.
Sementara itu, Camat Warungkondang, Candra Dwi Kusuma mengatakan, objek wisata Kampung Budaya Pandanwangi bertujuan juga untuk melestarikan varietas padi Pandanwangi. “Dimana padi Pandanwangi ini kalau melihat jumlah varietas hampir punah, dimana warga lebih terobsesi ke kuantitas tak memperhatikan kualitas,” kata Candra.
Ia mengatakan saat ini untuk legalitas padi pandanwangi sudah punya hak paten di tujuh kecamatan. Ia berharap dengan adanya Kampung Pandanwangi maka pelestarian varietas padi Pandanwangi bisa diikuti oleh masyarakat sekitar lainnya. “Saya berharap warga sekitar bisa mengikuti berlomba lomba menanam padi Pandanwangi. Tinggal bagaimana pemerintah membuat regulasi mengenai pangsa pasar,” katanya. (mg2/yhi)

0 Komentar