Layanan Gratis Kelas 3 RSUD Bakal Dihentikan

Layanan Gratis Kelas 3 RSUD Bakal Dihentikan
PELAYANAN: Program layanan gratis di ruang kelas 3 RSUD Cianjur bakal dihentikan pada September mendatang. (ISTIMEWA)
0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres.net – Layanan gratis untuk kelas 3 di RSUD Cianjur bakal berhenti pada September 2018. Pasalnya, program tersebut bakal beralih pada BPJS Kesehatan, sehingga tidak hanya di RSUD Cianjur, tapi warga tidak mampu bisa terbebas biaya di rumah sakit manapun yang sudah ada layanan BPJS.
Direktur RSUD Cianjur, Ratu Tri Yulia, mengatakan, peralihan layanan kesehatan bagi warga tidak mampu tersebut sudah dirapatkan bersama dengan Dinas Kesehatan dan Intsnasi terkait.
“Itu jadi kebijakan mereka, kami hanya menjalankan layanan. Rencananya layanan kelas 3 ini sampai September, selanjutnya pakai BPJS,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, belum lama ini.
Menurutnya, untuk data warga tidak mampu, pihak dinas akan melakukan verifikasi. Warga tidak mampu yang sudah masuk layanan kelas 3 pun juga akan dijadikan dasar. Namun mereka yang tak masuk daftar akan diproses pembuatan baru dengan sistem prioritas oleh Dinas Sosial.
“Salah satu dasarnya yang sudah kami layani ke kelas 3 ini. Jadi nanti tidak perlu lagi mereka mengurus keterangan tidak mampu, cukup dengan menyerahkan BPJS. Di rumah sakit manapun bisa, jadi tidak hanya di RSUD,” kata dia.
Terkait layanan gratis, Ratu, mengungkapkan, jika anggaran yang tersedia hanya tersisa sekitar RP 1 miliar. Meskipun nantinya habis sebelum September, lanjut dia, layanan akan tetap digratiskan hingga peralihan program tersebut.
“Kami akan tetap jalankan program tersebut, nanti sisanya berapa itu diklaimkan ke Pemkab Cianjur. Jadi warga tidak usah khawatir akan bayar untuk kelas 3. Informasi yang muncul jika distop itu juga tidak benar, namun ada peralihan program,” kata dia.(bay/red)

0 Komentar