DPRD Cianjur Dorong Geliat Pasar Syariah

DPRD Cianjur Dorong Geliat Pasar Syariah
EKONOMI ISLAM: Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Cianjur, Muhamad Toha, saat memberikan penjelasan kepada warga pedagang terkait perkembangan pasar syariah. (ZENAL MUSTARI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

CIANJUR, cianjurekspres.net – Pasar syariah pertama di Kabupaten Cianjur di bentuk di Desa Cidadap, Kecamatan Campaka. Dimana aktivitas perekonomian ini akan menjadi produk pasar yang berbasis pada ekonomi syariah. Hal ini diungkapkan anggota Komisi II DPRD Kabupaten Cianjur.
Potensi ekonomi dari keberadaan pasar syariah di Kecamatan Campaka semakin menunjukan titik terang, setelah anggota Komisi II DPRD Cianjur, Muhamad Toha, menegaskan akan berupaya mendorong perkembangan dan aktivitas pasar syariah tersebut.
Toha menekankan, pasar tersebut hendaknya menerapkan konsep syariah dari hulu ke hilir. “Konsep pembiayaan harus berdasarkan syariah dalam implementasi, ketentuan, dan keberpihaknnya,” kata Toha kepada Cianjur Ekspres, Senin (23/7).
Ketua Umum DPC Partai Bulan Bintang (PBB) Kabupaten Cianjur ini juga mengatakan, produksi juga harus berdasarkan dan berbasis syariah. Sektor hilir berupa pemasaran melalui pasar tradisional menjadi solusi yang amat baik.
“Pasar syariah ini akan menjadi bukti keberpihakan pada yang kecil. Namun ini harus secara sistemik menunjukkan bangunan berpikir ekonomi Islam yaitu bangkitnya harkat dan martabat orang-orang kecil,” kata Toha.
Diungkapkan Toha, untuk kedepan pertumbuhan pasar syariah perlu didukung. Namun, perlu ada upayasosialisasi terkait pasar modal syariah dan pasar modal non-syariah agar masyarakat lebih memahami.
“Yang pasti atas keberadaannya kami akan terus dukung dan berusaha untuk memfasilitasinya. Saat ini dewan sudah memfasilitasi perdagangan syariah yang salah satunya seperti pada pasar syariah di Desa Cidadap, Kecamatan Campaka,” ungkap Toha.
Toha berharap kalau keberadaan pasar syariah ini semakin maju. Pasalnya pasar syariah di Cidadap Kecamatan Campaka ini diharapkan mampu berkontribusi lebih besar untuk mendorong pemerataan ekonomi yang baik untuk di wilayah itu sendiri. “Keberadaan pasar syariah ini harus betul-betul memberi kontribusi yang optimal, berkelanjutan, dan merata,” katanya.
Sementara itu, Kepala Desa Cidadap, Budiman mengatakan, dalam rangka meningkatkan percepatan pertumbuhan ekonomi di Cidadap khususnya, dalam waktu 1 tahun ke depan kita akan memprioritaskan beberapa program kerja. Salah satunya, pasar syariah ini harus betul-betul berpihak pada berkepentingan umum hingga dapat mendorong dan mempercepat pemanfaatan regulasi pasar.

0 Komentar