Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Cilaku Jadi Favorit

Teknik Kendaraan Ringan SMKN 1 Cilaku Jadi Favorit
PELUANG KERJA: Siswa SMK Negeri 1 Cilaku melakukan perbaikan sebuah mobil rakitan di bengkel praktek sekolah. (ISTIMEWA)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Sejalan berkembangnya industri otomotif di Indonesia, nampaknya siswa baru yang masuk ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kian meminati jurusan yang membidangi dunia otomotif. Buktinya, jurusan teknik kendaraan ringan SMK Negeri 1 Cilaku menjadi primadona peserta didik baru.
SMK khususnya di jurusan otomotif memiliki keunggulan tersendiri. Jurusan ini memang bertujuan untuk mencetak tenaga-tenaga terampil yang andal di bidang perakitan otomotif. Prospek kerja lulusan otomotif sangat luas mulai dari bengkel modifikasi, hingga perusahaan-perusahaan otomotif raksasa.
Tidak hanya itu, dengan keterampilan di bidang otomotif, para siswa juga beranggapan bisa membuka peluang berwirausaha dengan membuka bengkel sendiri. Anggapan ini terlihat jelas saat jumlah peminat yang diterima pada Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMKN 1 Cilaku meningkat sekitar 60 persen dari tahun kemarin.
Dikatakan Wakil Kepala Sekolah Urusan Kesiswaan SMKN 1 Cilaku, Tarmono, dari total jumlah ruang kelas yang terisi saat ini ada 12 kelas dengan jumlah siswa 386 orang. “Alhamdulillah tahun ini jumlah peminat meningkat sekitar 60 persen dari tahun sebelumnya,” kata Tarmono.
Tarmono mengatakan, untuk program favorit di SMKN 1 Cilaku adalah jurusan teknik kendaraan ringan. Dimana dari target empat ruangan kelas saat ini sudah terpenuhi. “Jurusan ini selalu menjadi favorit setiap tahunnya, saat ini juga empat ruangan kelas sudah terpenuhi,” ujar Tarmono.
Ia mengatakan, setiap lulusan yang membidangi dunia otomotif khususnya jurusan teknik kendaraan ringan, sebagian besar sudah terserap di beberapa perusahaan yang sudah bekerja sama dengan pihak sekolah.
“Beberapa perusahaan yang sudah bekerjasama dengan pihak sekolah adalah Toyota dan Asmo spare part,” katanya.
Ia juga bersyukur dari hasil laporan yang diterima lulusan dari SMKN 1 Cilaku sebagian besar terserap dan bekerja, dan ini cukup membanggakan pihak sekolah.
“Banyak juga yang berkarya dan berwirausaha, karena kami ada jurusan favorit lainnya yakni jurusan arsitek,” ungkapnya. (mg2/yhi)

0 Komentar