Pembuatan Paspor Calon Jamaah Haji Dipercepat

Pembuatan Paspor Calon Jamaah Haji Dipercepat
DIPERCEPAT: Kemenag akan mempercepat memproses paspor para calon jamaah haji. (ISTIMEWA)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Kemenag Kabupaten Cianjur terus melakukan percepatan penyelesaian paspor bagi calon jamaah haji yang bakal berangkat pekan depan. Namun Kemenag memastikan jika sebelum keberangkatan, pasport dan dokumen lainnya sudah selesai.
Staf Pemberangkatan Haji dan Umroh Kemenag CIanjur, Mamat Slamet, mengatakan, untuk saat ini tahapan penyelenggaraan sedang pembinaan. Namun selain itu melakukan ploating paspor untuk pemberangkatan jamaah.
“Targetnya sebelum 24 Juli 2018 atau hari pemberangkatan, apa yang kurang tersebut sudah selesai,” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Kamis (19/7).
Menurutnya, untuk visa pun saat ini sudah selesai seluruhnya, sehingga tidak ada hal yang akan menunda keberangkatan. “Kalau sebelumnya kerap terkendala di visa, tapi Cianjur sejak tahun lalu tidak jadi halangan, apalagi di tahun ini,” kata dia.
Mamat mengatakan, pihaknya kini juga tengah menyiapkan proses keberangkatan pada 24 Juli 2018. Apalagi kini untuk pemberangkatan haji ada perubahan, dimana pemeriksaan keimigrasian dilakukan di embarkasi.
“Kalau sebelumnya, diperiksa di bandara dengan waktu yang cukup lama. Meskipun sekarang juga memakan waktu sekitar empat jam, tapi jadi tidak perlu mengantre di bandara Arab Saudi,” katanya.
Seperti yang diketahui, Sebanyak 1.350 calon jamaah haji asal Cianjur bakal berangakat untuk menunaikan ibadah haji, di tahun ini. Adanya peningkatan pelayanan dari pihak Arab Saudi untuk jamaah, diharapkan akan memperlancar pelaksanaan.
Jumlah jamaah yang ebrangakt di tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu, dimana hanya ada 1.322 jamaah. Rencananya para jamaah akan dibagi dalam empat kloter, dimana kloter pertama dijadwalkan berangkat pada akhir Juli 2018.
“Alhamdulillah ada penambahan kuota, meskipun tidak banyak. Kalau berdasarkan jadwal, kloter pertama asal Cianjur yang berada di kloter 27 Jabar ini bakal berangkat pada 24 Juli 2018, sementara kloter terakhir asal Cianjur berangkat pada 4 Agustus 2018,” ungkap Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman.
Dia berharap, pelaksanaan ibadah haji tahun ini berlancar dengan baik, jamaah pun diberi keseahatan agar bisa melaksanakan dengan khusyuk. “Kita doakan bersama semoga mereka yang berangkat diberi kesehatan dan pulang sebagai haji yang mabrur,” tuturnya.(bay/red)

0 Komentar