Cidadap Buka Pasar Syariah

Cidadap Buka Pasar Syariah
SYARIAT ISLAM: Pemerintah Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, akan mulai mengoperasikan pasar syariah untuk menciptakan potensi ekonomi dan keuangan Islam. (ZENAL MUSTARI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Pemerintah Desa Cidadap, Kecamatan Campaka, mulai mengoperasikan Pasar Syariah yang didalamnya diterapkan nilai-nilai dan aturan syariat Islam untuk menciptakan potensi ekonomi dan keuangan Islam.
Secara sederhana, pasar yang syariah merupakan pasar yang didalamnya diterapkan nilai-nilai dan aturan syariat Islam. Dari cara bertransaksi dan segala macam interaksi yang ada didalamnya. Pasar ini harus bebas riba, bebas kecurangan timbangan, bebas tipu muslihat sekaligus hanya menjual barang-barang yang halal dan baik.
Kepala Desa Cidadap, Budiman, mengatakan, pasar dengan transaksi secara syariah ini merupakan pasar syariah pertama yang ada di Cianjur, tentu ini akan menjadi penyeimbang sejumlah pasar yang tersebar di Kecamatan Campaka maupun Kecamatan Sukanagara.
“Jadi dengan dibukanya pasar syariah ini diharapkan dapat membantu masyarakat, serta dengan praktik syariah ini kita berharap pasar ini akan memiliki keunggulan atau paling tidak pasar ini memiliki ciri khas tersendiri,” kata Budiman.
Untuk itu, kata Budiman, sebagai langkah untuk menunjang proses syariah pada pasar ini, pihaknya akan memantau seluruh aktivitas transaksi jual beli antara penjual dan masyarakat. “Kalau ketentuan-ketentuan syariah ini dijalankan dengan baik saya yakin pedagang ini akan cepat sekali berkembang pada masa yang akan datang,” ujarnya.
Namun, untuk memperkenalkan keberadaan pasar syariah ini tidaklah mudah, berbagai kegiatan seperti pelaksanaan hari bebas kendaraan atau car free day (CFD) digelar pemerintah desa sebagai upaya mensosialisasikan lebih luas atas telah dibukanya pasar syariah, agar masyarakat mengetahui kalau keberadaan pasar syariah di desa Cidadap ini sudah dibuka.
“Melalui kegiatan CFD itu mudah-mudahan masyarakat jadi tahu hingga mau berkunjung dan berbelanja ke pasar ini. Untuk persiapan sudah matang dan untuk saat ini tinggal menunggu waktu pelaksanaan,” katanya kepada Cianjur Ekspres, Senin (9/7).
Diungkapkan Budiman, jika tidak ada halangan untuk kegiatan CFD nanti akan dihadiri juga oleh Bapak Bupati Cianjur Irvan Rivano Mucthar. “Yang jelas untuk undangan resmi sudah kita sampaikan dan mudah-mudahan pada waktunya nanti baik di kegiatan pembukan pasar syariah pemerintah daerah dalam hal ini bapak bupati dapat hadir,” ungkapnya.

0 Komentar