FP2S Lakukan Aksi Cabut Paku

FP2S Lakukan Aksi Cabut Paku
PEDULI LINGKUNGAN: Anggota Forum Pemuda Peduli Sukajadi (FP2S) Kecamatan Campaka, melakukan aksi cabut paku dari sejumlah pohon disepanjang Jalan Raya Campaka-Sukanagara. (ZENAL MUSTARI/CIANJUR EKSPRES)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Sejumlah pemuda peduli lingkungan yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Sukajadi (FP2S) Kecamatan Campaka, melakukan aksi cabut paku dari sejumlah pohon yang ada di kanan kiri jalan (Kakija) disepanjang Jalan Raya Campaka-Sukanagara, Senin (02/7).
Wakil Kordinator FP2S Kecamatan Campaka, Cep Dedi, mengatakan, aksi tersebut merupakan gerakan moral yang bisa mengedukasi dan memotivasi masyarakat lainnya, bahwa pohon merupakan bagian dari kesatuan ekosistem kehidupan.
“Kita persenjatai diri kita dengan niatan ibadah dan motivasi, menyebarkan nilai kebaikan, mengajak masyarakat untuk menyelamatkan pohon intinya untuk peduli terhadap lingkungan,” kata Dedi kepada Cianjur Ekspres, Senin (02/7).
Dikatakan Dedi, kalau keberadaan pohon di kanan kiri jalan milik dinas Binamarga Pemprov Jabar ini kurang mendapat perhatian. Pasalnya pohon-pohon yang ada di jalan itu selalu dijadikan media untuk memajang iklan, spanduk, atau tempat berjualan.
“Yang jelas kalau bukan oleh kita maka mau sama siapa, menjaga dan melestarikan pohon pohon itu, padahal keberadaannya sangat penting bagi kehidupan,” ucapnya.
Sebenarnya kalau masyarakat bisa mencermati, untuk keberadaan pohon-pohon ini bisa dijadikan media untuk penyehat diri. Sebab, adanya pohon ini spontan bisa mengatur kelembaban cuaca. Selain itu, adanya pohon bisa sebagai pencegah atas terjadinya kecelakaan hingga terjadinya bencana banjir.
“Karena itu, bagi masyarakat yang sudah memahami pentingnya keberadaan pohon ini maka jangan sesekali untuk merusak dan memaku pohon-pohon itu. Terlebih lagi untuk kepentingan pribadi,” pintanya.
Sementara itu, kepala balai perawatan jalan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) 1 Cianjur, Dadang, mengatakan, adanya aksi sekelompok pemuda yang tergabung dalam Forum Pemuda Peduli Sukajadi (FP2S) untuk menyelamatkan pohon sebagai sumber kehidupan itu sangat baik, dan diharapkan bisa menjadi motivasi bagi pemuda lainnya.
“Hari ini baru dapat dilakukan oleh satu forum. Mudah-mudahan kedepan dapat diikuti juga oleh forum-forum lainnya hingga pohon kakija di sepanjang jalan Cianjur-Cidaun ini dapat terselamatkan dari pelaku tangan-tangan jahil,” tutupnya. (mg1/yhi)

0 Komentar