Fungsi Drainase Segera Dioptimalkan

Fungsi Drainase Segera Dioptimalkan
BANJIR: Jalan HOS Cokroaminoto tergenang banjir cileuncang saat hujan deras turun tersumbatnya drainase jadi faktor penyebab banjir. (ISTIMEWA)
0 Komentar

 
CIANJUR, cianjurekspres.net – Pemerintah Kabupaten Cianjur bakal melakukan upaya penanganan banjir di wilayah perkotaan. Optimalisasi drainase pun dilakukan di ruas ruas protokol yang rawan digenang air saat hujan.
Wakil Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengatakan, drainase yang ada di perkotaan Cianjur sudah cukup untuk menampung aliran air ketika turun hujan. Namun banyak hal yang mempengaruhi fungsi dari drainase tersebut, mulai dari sampah hingga tersumbatnya aliran air oleh pasir atau lainnya. “Kalau drainasenya sudah cukup, termasuk untuk lobang serapan airnya. Fungsi dari drainasenya ini yang perlu dioptimalkan, ” kata dia kepada Cianjur Ekspres, Senin (25/6).
Untuk di jalur Jalan Dr Muwardi, lanjut dia, bakal dilakukan penyodetan lantaran perlu menampung lebih banyak debit air. “Sudah dikoordinasikan ke OPD terkait untuk disodet, khusus jalur tersebut. Selebihnya sudah cukup,” kata dia.
Namun, Herman juga mengimbau warga untuk menjaga kebersihan, mengingat banjir kerap terjadi akibat adanya penumpukan sampah di saluran air. Akibatnya air menggenang di badan jalan.
“Kami harapkan semua pihak sadar untuk turut menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan supaya tidak ada penyuratan di saluran masuk air. Kami akan upayakan ke depan tidak ada lagi banjir di wilayah perkotaan,” tuturnya.
Berdasarkan pantauan Cianjur Ekspres, untuk di lingkungan sekitar rumah sakit, sejumlah OPD mulai melakukan pengecekan ke sejumlah sungai dan saluran drainase. Banjir mengepung wilayah perkotaan Cianjur, Jumat (22/6) petang. Bahkan ketinggian air sudah mencapai betis orang dewasa. Diduga banjir yang menggenang di sejumlah ruas jalan protokol itupun diakibatkan oleh sampah yang menyumbat saluran drainase. (bay/red)

0 Komentar