Hadiri Halaqah Kebangsaan di Yayasan Pendidikan Nurul Azka Cianjur, Sekjen Gemira Tekankan Ini

Gemira
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat Gerakan Muslim Indonesia Raya (Gemira) Sudarto menghadiri Halaqah Kebangsaan di Yayasan Pendidikan Nurul Azka, Cianjur, Kamis 10 Oktober 2024.(istimewa)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pimpinan Pusat Gerakan Muslim Indonesia Raya (Gemira), Sudarto menggelar Halaqah Kebangsaan di Yayasan Pendidikan Nurul Azka, Cianjur, Kamis 10 Oktober 2024. Dia menekankan pentingnya peran kyai dalam membentuk kebangsaan.

Acara tersebut mengusung tema ‘Peran Kyai dalam Sejarah Nasionalisme Indonesia’ yang dihadiri oleh sejumlah ulama, santri, serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Sudarto menekankan pentingnya peran kiyai dalam membentuk semangat kebangsaan sejak masa perjuangan kemerdekaan hingga saat ini.

Baca Juga:Kembangkan UMKM, ASIH Komitmen Berikan Permodalan hingga PembinaanPerumdam Tirta Mukti Cianjur Raih Penghargaan Apresiasi Upaya Penyelenggaraan Air Minum Aman 2024 dari PUPR

“Kiyai memiliki peran yang sangat penting dalam sejarah nasionalisme Indonesia. Mereka bukan hanya pemimpin spiritual, tetapi juga tokoh yang membangkitkan semangat perjuangan dan cinta tanah air,” katanya.

Dia juga mengingatkan bahwa di tengah dinamika politik dan sosial saat ini, penting bagi umat Islam, khususnya para kiyai, untuk terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Kita harus meneladani para ulama terdahulu yang selalu menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas segalanya,” ungkap Sudarto.

Halaqah tersebut diisi dengan diskusi tentang peran kiyai dalam pergerakan nasional, termasuk keterlibatan mereka dalam berbagai momen penting seperti resolusi jihad yang dideklarasikan oleh KH. Hasyim Asy’ari.

Diskusi tersebut juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi muda, untuk lebih memahami kontribusi para ulama dalam mempertahankan kedaulatan bangsa.

Ketua Yayasan Pendidikan Nurul Azka Cianjur, KH. Ahmad Yusup sangat mengapresiasi dengan di gelarnya acara tersebut.

“Kami sangat bersyukur bisa menjadi tuan rumah acara penting ini. Semoga dengan adanya halaqoh ini, kita semua bisa mengambil hikmah dan pelajaran untuk memperkuat nasionalisme dan kecintaan kita kepada Indonesia,” katanya.

Baca Juga:Sinergi PLN dan PLN Icon Plus Perluas Layanan Digital dan Energi HijauKPU Cianjur Manfaatkan Media Sosial Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula Gen Z di Pilkada 2024

Kegiatan diakhiri dengan doa bersama dan penyerahan bantuan pendidikan kepada para santri Yayasan Pendidikan Nurul Azka Cianjur, sebagai bentuk dukungan Gemira terhadap peningkatan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.

Dengan diadakannya halaqah kebangsaan ini, diharapkan dapat terus mengingatkan masyarakat akan pentingnya peran kiyai dan ulama dalam menjaga nilai-nilai kebangsaan, serta memperkuat semangat persatuan di tengah berbagai tantangan yang dihadapi bangsa.

0 Komentar