Tanggul Kolam Penangkaran Buaya Muara di Cianjur Jebol, Delapan Ekor Berhasil Diamankan

Buaya Muara
DITANGKAP: Tampak sejumlah Buaya Muara yang lepas dari kolam penangkaran berhasil ditangkap.(Moch Nursidin/Cianjur Ekspres)
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Sejumlah Buaya Muara yang lepas dari kolam penangkaran di Jalan Perintis Kemerdekaan, RT 02/RW 09, Desa Sukamaju, Kecamatan Cianjur, Kabupaten Cianjur, berhasil ditangkap, Kamis 3 Oktober 2024.

Informasi yang dihimpun, lepasnya buaya tersebut akibat jebolnya tanggul kolam penangkaran saat hujan deras pada Rabu 2 Oktober 2024 malam. Sebanyak delapan ekor buaya muara berhasil di tangkap oleh pawang.

Pemilik Kolam, Koh Nuyan, mengatakan, beberapa ekor buaya itu lepas akibat tanggul jebol yang terjadi pada Rabu (2/10) saat hujan.

Baca Juga:TNGGP Bakal Rangkul dan Berdayakan Relawan dari Basecamp, Ini Alasannya Dilirik Investor Asing, China Hingga Rusia Tanam Modal Rp1,15 Triliun di IKN

“Waktu hujan gede, hujan angin, satpam lapor, saya turun. Jumlahnya yang lepas tidak tahu, yang dapat delapan ekor,” katanya kepada wartawan, Kamis 3 Oktober 2024.

Dirinya mengaku tidak tahu persis berapa jumlah Buaya Muara yang lepas. Namun yang berhasil ditangkap oleh pawang khusus ada delapan ekor.

“Ditangkap oleh pawang khusus. Dari lokasi penangkaran paling jauh 5 meter dari lokasi. Jumlahnya kurang jelas, ada di BKSDA yang jelasin. Penangkaran ini dulu untuk limbah. Buayanya dikasih makan ayam bangkai. Penangkaran ini dari sejak 2018,” jelas Koh Nuyan.

Menurutnya, lepasnya buaya muara akibat tanggul kolam yang jebol sudah diketahui oleh BKSDA. Pasalnya, buaya muara tersebut statusnya milik BKSDA.

“BKSDA sudah mengetahui tadi malam, belum datang ke lokasi. Setelah jebol malam sudah di benteng,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, buaya muara tersebut dititiprawatkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat di kolam penangkaran di wilayah tersebut sejak Tahun 2018 dengan jumlah sebanyak 80 ekor.

0 Komentar