Komite Sub DAS Cikundul Bekerjasama dengan Aktivis Gerakan Pramuka Sepakat Bentuk SAKA DAS

Sub DAS cikundul
Komite Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikundul bersama dengan perwakilan aktivis Gerakan Pramuka di Wilayah 4 Gerakan Pramuka Kwarcab Cianjur.
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Komite Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Cikundul bersama dengan perwakilan aktivis Gerakan Pramuka di Wilayah 4 Gerakan Pramuka Kwarcab Cianjur yang meliputi Kwarran Cugenang,Kwarran Pacet, Kwarran Cipanas dan Kwarran Sukaresmi, sepakat untuk membentuk Satuan Karya (SAKA) DAS.

Koordinator Komite Sub DAS Cikundul, Herry Trijoko, mengatakan, sampai saat ini belum ada SAKA Pramuka yang fokus berkegiatan dan memikirkan daerah aliran sungai. Menurutnya, kesepakatan tersebut ditandatangani dalam semangat kolaborasi untuk mendukung upaya konservasi lingkungan, khususnya terkait pengelolaan DAS yang sehat menyehatkan dan berkelanjutan.

“Dalam pertemuan yang berlangsung di Sekretariat Komite Sub DAS Cikundul, Desa Sindanglaya, Cipanas, Cianjur, kedua pihak menyepakati pembentukan SAKA DAS yang akan berfokus pada pelatihan dan pendidikan Pramuka dalam konservasi sumber daya air, pengelolaan DAS, serta pelestarian ekosistem DAS,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Rabu 18 September 2024.

Baca Juga:Ratusan Baliho dan Banner Pasangan Deden Nasihin-Efa Fatimah Diduga Dirusak OTKLibur Panjang Akhir Pekan Maulid Nabi, Okupansi Hotel di Cianjur Rata-rata Capai 80 Persen

Dia mengatakan, SAKA DAS juga akan menjadi wadah bagi anggota Pramuka untuk berkontribusi langsung dalam kegiatan restorasi lingkungan di wilayah Sub DAS Cikundul. Dimana, kata Herry, sebanyak sebelas orang telah terpilih dan bersepakat untuk membentuk tim inti yang akan menjalankan proses persiapan teknis pembentukan SAKA DAS ini.

“Tim ini bertugas untuk merancang kegiatan teknis, pelatihan, serta program-program yang akan dilaksanakan dalam kerangka SAKA DAS, yang diharapkan paling cepat bisa segera beroperasi penuh pada akhir tahun 2024,” katanya.

“Pembentukan SAKA DAS ini merupakan langkah konkret dalam mengintegrasikan generasi muda, khususnya anggota Pramuka, dalam gerakan pelestarian lingkungan dan pengelolaan DAS. Kami berharap program ini akan menjadi model bagi Satuan Karya Pramuka di daerah lain,” ujar Herry menambahkan.

Lebih lanjut Herry mengatakan, ke depan SAKA DAS akan melibatkan anggota Pramuka dari berbagai tingkatan untuk berpartisipasi dalam program-program terkait konservasi DAS.

“Untuk awal ini kita sepakat untuk tingkat SMA, mulai dari kegiatan susur dan pembersihan DAS, penanaman pohon, hingga edukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan DAS,” ucapnya.

Dirinya menegaskan, kerja bersama-sama ini menjadi momentum penting dalam upaya memadukan pendidikan lingkungan dengan aksi nyata di lapangan, sehingga DAS di Cianjur dapat terjaga kelestariannya dan memberikan manfaat bagi generasi mendatang.

0 Komentar