Ribuan Siswa Ikuti Pelatihan-Pelantikan PMR di Cianjur, Bentuk Generasi Muda Berjiwa Relawan

Herman Suherman
Bupati Cianjur, Herman Suherman berbincang dengan siswa yang mengikuti pelatihan serta pelantikan PMR tingkat Madya dan Wira di Pekermahan Mandalakitri, Cipanas, Cianjur.
0 Komentar

CIANJUR,CIANJUR.JABAREKSPRES.COM -Sebanyak 4.200 siswa mengikuti pelatihan serta pelantikan PMR tingkat Madya dan Wira di Perkemahan Mandalakitri, Cipanas, Cianjur. Diharapkan pelatihan tersebut menjadikan para peserta sebagai generasi muda berjiwa relawan.

Ketua Pelaksana Cipta Heriyatna, mengatakan pelatihan dan pelantikan diikuti peserta dari 142 sekolah SMP dan SMA/SMK sederajat di Kabupaten Cianjur.

“Total ada 4.200 peserta dari 142 sekolah dari wilayah utara hingga selatan Cianjur. Untuk SMP ada perwakilan dari 66 sekolah yang mengikuti pelatihan dan pelantikan PMR tingkat madya, dan 76 SMA/SMK sederajat mengikuti pelatihan tingkat Wira,” katanya, Jumat 13 September 2024.

Baca Juga:Bupati Cianjur Herman Suherman Minta PMR Jadi Ajang Pelatihan Kepekaan Sosial SiswaArahan Herman kepada RSUD di Jabar: Beri Pelayanan yang Cepat dan Prima kepada Masyarakat

Menurutnya, pelatihan dan pelantikan PMR tersebut dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai tanggal 13-15 September 2024. Selama kegiatan, para peserta akan mengikuti banyak pelatihan.

“Mereka akan diberi berbagai macam materi pelatihan, mulai dari Pelatihan Kepalangmerahan, kesehatan remaja, kepemimpinan, dan lainnya. Termasuk ada materi tambahan seperti jurnalistik, wawasan soal donor darah, water rescue, jungle rescue, dan fire rescue,” kata dia.

Menurut Cipta, berbagai pelatihan tersebut bertujuan untuk membentuk peserta menjadi generasi yang tangguh dan berjiwa relawan.

“Sesuai dengan tema kegiatan yakni PMRI Kreatif Tangguh Berprestasi, kita juga ingin menjadikan mereka sebagai generasi muda yang berjiwa relawan,” kata dia.

Dia menambahkan, kegiatan di tahun ini juga didukung oleh berbagai pihak, mulai dari Bank BJB, Pemkab Cianjur, FKP3D Jabar, Dharma Husada Bandung, hingga LPK Bader College Mandiri (BCM) dan Eiger.

Ketua PMI Kabupaten Cianjur, Ahmad Fikri, mengatakan, pasca kegiatan para peserta diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu yang didapat di lingkungannya, terutama dalam hal kemanusiaan.

“Kita harapkan para siswa memiliki jika kemanusiaan dan kerelawanan. Ilmu yang didapat bisa diaplikasikan di lingkungannya masing-masing,” tuturnya.

Baca Juga:Sekda Herman Suryatman: Jawa Barat Genjot Transformasi Digital Layanan PublikBerhasil Kembangkan UMKM, Bupati Cianjur Raih Penghargaan dari Kemenkop UKM

Di sisi lain, Bupati Cianjur Herman Suherman, mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan yang digelar untuk para PMR. Sehingga para siswa tersebut bisa menjadi agen siaga dalam setiap peristiwa.

“Kami tentu sangat mendukung kegiatan ini. Sehingga mereka bisa menjadi generasi yang berjiwa kerelawanan, dan siaga dalam setiap kejadian. Apalagi seperti kita ketahui Cianjur ini rawan terjadi bencana alam,” pungkasnya.(*)

0 Komentar