Dorong UMKM Tumbuh dengan Inovasi dan Kolaborasi

Festival UMKM
Festival UMKM menjadi salah satu upaya untuk mendorong UMKM naik kelas. (ANTARA/HO-Luqmanul Hakim)
0 Komentar

Pada kegiatan ini juga diberikan apresiasi kepada 11 lembaga mitra layanan dan instansi pemerintah yang telah memberikan dukungan akses layanan kepada UMKM, serta memberikan kesempatan bagi UMKM untuk terlibat dalam kegiatan sosial Sampoerna Berbagi.

Kesuksesan Sampoerna Festival UMKM 2024 tidak hanya tercermin dari jumlah pengunjung yang mencapai 1.000 – 1.500 orang per hari, tetapi juga dari omzet penjualan UMKM yang mencapai sekitar 70 juta rupiah per hari.

Lebih dari itu, beberapa UMKM juga mendapatkan fasilitasi administrasi perizinan yang diperlukan selama festival berlangsung.

Baca Juga:Kemenperin Ungkap 3 Sektor Kunci Majukan Industri Halal IndonesiaMenhub Pastikan Bandara IKN Rampung dan Siap Operasi Awal September

Festival ini tidak hanya menjadi ajang pameran produk tetapi juga memberikan berbagai layanan seperti konsultasi bisnis, perizinan, serta peluang untuk menjalin jaringan (networking) dengan pihak-pihak yang relevan.

Festival UMKM juga membuktikan bahwa melalui inovasi, kolaborasi, dan dukungan dari berbagai pihak, UMKM dapat terbantu dalam berbagai macam hal baik dari sisi akses pemasaran, pelatihan, perizinan, dan akses pembiayaan.

Dengan terus mendorong UMKM untuk naik kelas, bangsa ini tidak hanya memperkuat ekonomi lokal, tetapi juga menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.(antara)

0 Komentar