Dorong UMKM Tumbuh dengan Inovasi dan Kolaborasi

Festival UMKM
Festival UMKM menjadi salah satu upaya untuk mendorong UMKM naik kelas. (ANTARA/HO-Luqmanul Hakim)
0 Komentar

Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa di Kementerian Perdagangan, Rifan Ardianto, menyarankan pelaku usaha untuk memanfaatkan lima sektor ekonomi digital yang saat ini sedang tumbuh pesat, yaitu e-commerce, fintech, edutech, healthtech, dan media online.

Menurutnya, dengan penetrasi teknologi digital yang mencapai 58 persen di bidang usaha kecil dan 32 persen di usaha mikro, terdapat potensi besar bagi UMKM untuk naik kelas melalui digitalisasi.

Tren digitalisasi telah mendorong lebih dari 69 persen konsumen untuk berbelanja produk lokal, dan ini adalah peluang besar bagi UMKM untuk memperkuat brand mereka di pasar domestik​.

Baca Juga:Kemenperin Ungkap 3 Sektor Kunci Majukan Industri Halal IndonesiaMenhub Pastikan Bandara IKN Rampung dan Siap Operasi Awal September

Transformasi digital menjadi pembahasan yang menarik yang disampaikan pada sebuah forum diskusi oleh Hendy Setiono CEO dari Baba Rafi Enterprise dan Kusdarmawan Aryo Baskoro Owner Distro Rown Division.

Mereka tak segan membagikan pengalaman dalam membangun usaha dari skala mikro hingga menjadi besar, salah satunya dengan beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi digital.

Keduanya mengakui bahwa digitalisasi membawa tantangan tersendiri, bukan hanya tentang meningkatkan penjualan, tetapi juga tentang menciptakan nilai dan pengalaman bagi pelanggan atas produk yang diciptakan penanganan keluhan pelanggan dan mitigasi risiko terkait kejahatan siber.

Namun, mereka optimistis bahwa dengan digitalisasi sebagai bagian dari strategi bisnis di era saat ini dan UMKM di Indonesia dapat tumbuh semakin pesat.

Di sisi lain, Kepala Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta Elisabeth Ratu Ratu Rante Allo mengutarakan saat ini Jakarta juga sedang menghadapi tantangan dengan adanya pemindahan Ibu kota negara dari Jakarta ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

Kota Jakarta harus mulai bersiap untuk bertransisi menuju Kota Global dan menjadi pusat perekonomian berskala global setelah tidak lagi menjadi Ibukota.

UMKM Jakarta juga harus beradaptasi dengan cepat terkait peralihan Jakarta menjadi kota global ini dengan cara terus melakukan inovasi.

Baca Juga:Pupuk Indonesia Buka Pendaftaran Penyalur Pupuk Subsidi via DIMASPlatform Baru Investasiin Dukung Kegiatan Investasi dan Sosial

Sehubungan dengan hal ini, seluruh elemen masyarakat termasuk usaha besar dan swasta dapat turut menjadi elemen pengungkit dalam mendorong UMKM lebih besar di sektor perekonomian ke depan.

Kolaborasi antara UMKM dan berbagai pihak, termasuk ritel modern dan platform e-commerce, juga menjadi pilar utama dalam mendorong UMKM naik kelas.

0 Komentar