Menuju Ibu Kota Nusantara yang Berkelanjutan: Fokus pada Transformasi Digital

IKN
Suasana Istana Negara dan Istana Garuda terlihat dari kawasan Sumbu Kebangsaan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/tom
0 Komentar

Kehadiran IKN sebagai pusat pemerintahan yang juga berfungsi sebagai pusat teknologi akan mendorong terciptanya ekosistem digital yang dinamis dan inovatif.

Selain infrastruktur, aspek penting lain untuk membangun sebuah kota cerdas adalah pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, transformasi pendidikan juga menjadi unsur penting pengembangan SDM dalam pembangunan IKN.

Fokus lain dari transformasi digital IKN adalah pengembangan tenaga kerja yang terampil di bidang teknologi. Hal ini, antara lain, ditunjukkan dengan adanya rencana Pemerintah melakukan berbagai program pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan keterampilan digital masyarakat, terutama yang akan tinggal dan bekerja di IKN.

Baca Juga:Kementerian PUPR Bersihkan Jalan Negara Sambut HUT RI di IKNKemendag Ungkap Transformasi Drastis Ritel Modern Pasca Pandemi

Segala bentuk pendidikan dan pelatihan itu ditujukan untuk memastikan bahwa masyarakat bisa menjadi pengguna teknologi dan dapat berkontribusi dalam pengembangan teknologi dan inovasi di IKN.

Dalam kesempatan sama, presiden terpilih Prabowo Subianto menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pengembangan IKN sesuai dengan visi pendahulunya, Presiden Joko Widodo.

Komitmen ini mengindikasikan bahwa transisi kepemimpinan tidak akan mengubah arah pembangunan Ibu Kota Nusantara secara menyeluruh, namun justru akan memperkuat upaya mewujudkan ibu kota yang benar-benar siap menghadapi tantangan masa depan.

Teknologi dan informasi memainkan peran penting dalam pengembangan IKN secara keseluruhan. Mulai dari infrastruktur teknologi yang canggih hingga pengembangan sumber daya manusia, elemen-elemen tersebut berkontribusi dalam mewujudkan IKN sebagai ibu kota yang inovatif, terkoneksi, dan berkelanjutan.

Melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah berupaya untuk memastikan transformasi digital di IKN berjalan dengan baik agar ibu kota ini tidak hanya menjadi pusat pemerintahan, namun juga menjadi model kota masa depan yang modern dan berkelanjutan di Indonesia.

Transformasi digital di IKN bukan hanya tentang memanfaatkan teknologi yang ada, tetapi juga tentang menciptakan inovasi yang dapat diadopsi oleh kota-kota lain di Indonesia dan bahkan di seluruh dunia.

Dengan demikian, IKN diharapkan dapat menjadi model pengembangan kota masa depan yang mengutamakan keberlanjutan, efisiensi, dan kesejahteraan penduduknya.

Baca Juga:Kabar Gembira! Bahana TCW Hadirkan 6 Pilihan Reksa Dana di Cermati InvestBRI Imbau Nasabah Tingkatkan Kewaspadaan, Hindari Modus Penipuan Terbaru

Keberlanjutan transformasi digital di Ibu Kota Nusantara (IKN) harus diteruskan karena memiliki beberapa alasan penting.

0 Komentar