Badan Bank Tanah untuk Merah Putih, Bukan Kepentingan Tertentu

Badan Bank Tanah
Dokumentasi Badan Bank Tanah.
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com – Badan Bank Tanah sudah memasuki tahun ketiganya sejak resmi dibentuk pada April 2021. Presiden membentuk Badan Bank Tanah sebagai badan khusus yang mengelola tanah serta berfungsi untuk melaksanakan perencanaan perolehan, pengadaan, pengelolaan, pemanfaatan,  dan pendistribusian tanah.

Selain itu, pembentukkan Badan Bank Tanah bertujuan untuk menjamin ketersediaan tanah dalam rangka ekonomi berkeadilan untuk kepentingan umum, kepentingan sosial, kepentingan pembangunan nasional, pemerataan ekonomi, konsolidasi lahan, dan reforma agraria.

Pengaturan ini diharapkan dapat menjembatani kepentingan negara, pelaku usaha dan juga masyarakat dalam sektor agraria dan juga kepastian hukum.

Baca Juga:4 Pelaku Pembunuhan Berencana Ibu Muda di Bandung Diringkus PolisiMenteri Kesehatan Sebut TBC Membunuh 1 Miliar Manusia di Dunia dalam 200 Tahun Terakhir

“Peran kami yang diamanatkan dalam PP Nomor 64 Tahun 2021 tidak hanya untuk satu kepentingan, tapi semua kepentingan. Justru Badan Bank Tanah ini bukan hanya untuk negara atau investor, tapi juga masyarakat. Kami untuk merah putih,” kata Kepala Badan Bank Tanah, Parman Nataatmadja dalam keterangan persnya, Selasa (30/7).

Parman menjelaskan, lahan Badan Bank Tanah saat ini telah dan akan dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan. Beberapa diantaranya yakni penyediaan lahan untuk Bandara VVIP IKN seluas 621 Ha, jalan tol IKN seksi 5B seluas 150 Ha, Perumahan MBR di Kendal dan Brebes seluas 4,2 Ha hingga reforma agraria di Cianjur 203 Ha, Penajam Paser Utara (PPU) seluas 1758 Ha dan Poso seluas 1.550 Ha.

“Kami juga melakukan kerja sama pemanfaatan dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) hingga investor lainnya dengan tarif yang kompetitif. Semua ini untuk semua kepentingan dalam rangka ekonomi berkeadilan,” jelas dia.

Pakar Hukum UGM yang juga Direktur Pusat Studi Hukum Konstitusi dan Pemerintahan (PUSHAN), Oce Madril mengatakan, Badan Bank Tanah saat ini dianggap sebagai salah satu bentuk reformasi di bidang agraria. Badan Bank Tanah mengambil peran penting dalam mengatasi berbagai masalah dalam proses penyediaan lahan.

Berkaca pada hal tersebut, kehadiran Badan Bank Tanah jelas bukan untuk kepentingan tertentu. Menurut Oce, keberpihakan Badan Bank Tanah telah diatur ketat dalam PP 64 Tahun 2021.

“Lihat di PP 64 Tahun 2021, Badan Bank Tanah bukan hanya untuk kepentingan investor, tapi juga untuk kepentingan negara dan masyarakat. Beberapa yang mungkin bisa kita lihat saat ini adalah Badan Bank Tanah menyediakan minimal 30 persen dari lahannya untuk reforma agraria dan ada juga untuk Bandara VVIP IKN serta lahan untuk perumahan MBR,” katanya.

0 Komentar