Sejarah dan Perjalanan Persib Bandung Menuju Final

Sejarah dan Perjalanan Persib Bandung
Sejarah dan Perjalanan Persib Bandung(Foto:persib.co.id)
0 Komentar

cianjur.jabarekspres.com – Persatuan Sepakbola Indonesia Bandung (Persib) merupakan klub sepak bola Indonesia dari Kota Bandung. Klub yang didirikan pada 5 Januari 1919 dengan nama Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB).

Hingga saat ini Klub yang memiliki julukan Maung Bandung itu telah menorehkan banyak prestasi dan mampu menjadi Kebanggaan Sepak Bola masyarakat Kota Kembang.

Persib bukan hanya sekedar klub sepak bola, tetapi juga klub ini memiliki basis suporter yang fanatik dan solid yang dikenal dengan sebutan Bobotoh. Bobotoh selalu setia mendukung Persib dalam setiap pertandingan, baik di kandang maupun di tandang.

Baca Juga:Cake Resume Quiz: Tren Baru di Media Sosial untuk Temukan Pekerjaan yang Cocok8 Ide Jualan Makanan di Ramadhan 2024

Namun apakah kalian sudah mengetahui mengenai sejarah dan perjalanan klub Sepak bola kebanggan kota kembang ini? Jika belum yuk simak artikel ini sampai habis.

Sejarah Persib Bandung 

Asal mula Lahirnya nama Persib, yakni berdirinya Bandoeng Inlandsche Voetbal Bond (BIVB) yang didirikan pada 05 Januari 1919.  Pada tanggal 18 Maret 1934, PSIB berfusi dengan national  Voetball Bond (NVB) dan resmi berubah nama menjadi Persib.

BIVB merupakan salah satu organisasi perjuangan kaum nasionalis yang diketuai oleh Syamsudin dan kemudian diteruskan oleh Raden Atot Soeriawinata yang merupakan putra pejuang wanita Raden Dewi Sartika.

Pada tanggal 19 April 1930, BIVB menjadi salah satu dari tujuh klub yang mendirikan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI). Adapun Klub-klub lain yang ikut mendirikan PSSI yakni Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ), Perserikatan Sepakraga Mataram (PSM), Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB), Madioensche Voetbal Bond (MVB), Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM), dan Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB).

Pada Tahun 1930, BIVB bersama dengan beberapa perkumpulan sepak bola lainnya mendirikan PSSI tersebut, hingga BIVB melaju ke final kompetisi perserikatan pertama dan kalah dari VIJ Jakarta. 

Namun Pada tahun 1933 Persib kembali melaju ke final kompetisi perserikatan namu harus menelan kekalahan dari Persis Solo, baru pada tahun 1937, Persib mampu menjadi juara kompetisi setelah masuk final membalas kekalahan Persis. 

Sejak 9 September 2009, PERSIB kembali bertransformasi dan menjadi klub profesional di bawah pengelolaan PT PERSIB Bandung Bermartabat.

0 Komentar