Pasar Sukanagara Bakal Dipindahkan, Bupati Rencanakan Perbaikan Fasilitas Pasar Baru

Pasar Sukanagara
Bupati Cianjur Herman Suherman saat meninjau langsung lokasi kebakaran di Pasar Sukanagara.
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Bupati Cianjur Herman Suherman mengungkapkan, pasca kebakaran yang melanda Pasar Desa Sukanagara, Jalan Raya Sukanagara pada Sabtu, 1 Juni 2024 dini hari, pihaknya berencana memindahkan pedagang ke komplek Pasar Sukanagara baru yang ada di Kampung Sukajadi.

“Setelah kebakaran kita adakan musyawarah di Aula Kecamatan Sukanagara bersama perwakilan pedagang pasar, pengelola, juga unsur lainnya. Kita sepakat pasar akan dipindahkan ke tempat yang baru,” ungkap Herman saat dihubungi Cianjur Ekspres, Sabtu sore.

Setelah ada kesepakatan, pihaknya pun langsung mengecek kondisi komplek Pasar Sukanagara yang telah lama kosong tersebut.

Baca Juga:Bey Machmudin Ajak Warga Mengarusutamakan Pancasila untuk Jawab TantanganPenjabat Gubernur Jabar dan Menteri Perdagangan Cek Harga di Pasar Tagog Padalarang

“Tadi kita cek ke lapangan. Insfrastrkturnya sudah ada tinggal kita perbaiki fasilitasnya. Di sana belum ada pintu rolling door, belum dikeramik, jalannya juga belum diaspal, harus membangun satu unit jembatan lagi, juga belum ada masjid. Kita akan benahi dulu,” ungkapnya setelah kunjungi lokasi kebakaran.

Pihaknya pun berencana untuk memasukan anggaran pebaikan komplek Pasar Sukanagara yang lama kosong itu di anggaran perubahan 2024. 

“Mudahan bisa dianggarkan di anggaran perubahan dan secepatnya kita pindahkan,” kata Herman. 

Sedangkan untuk lokasi pasar yang lama tidak akan dipakai sebagai pasar lagi. “Masih kita pikirkan, yang penting bukan pasar,” ujarnya.

Dketahui, tak kurang dari 17 kios hangus dalam insiden kebekaran yang terjadi di Pasar Sukanagara pada Sabtu, 1 Juni 2024 dini hari tadi. Meskipun tak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian pun ditaksir mencapai Rp2 miliar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Satpol PP dan Damkar Kabupaten Cianjur Hendra Wira Wiharja saat dikonfirmasi Sabtu pagi.

Kata dia, setelah mendapat laporan kami langsung mengerahkan dua unit fire truck dari Pos 5 Cibeber, dua unit dari Pos 1 Cianjur, dan seunit mobil penyuplai air dari Mako 6 Sindangarang.

Baca Juga:Peran Srikandi PLN UP3 Cianjur Jaga Keandalan Listrik Cianjur Selatan persiapan Hadapi Idul Adha 1445 HAksi Srikandi PLN Menjadi Inspector pada Inspection Day K3 

“Kita dapat laporan kebakaran itu pada 00.40 WIB tadi dan langsung mengerahkan lima armada, empat armada pemadam kebaran dan satu unit penyuplai air,” kata dia.Api pun berhasil dipadamakan sekitar pukul 02.40 WIB.

0 Komentar