HMI Silaturahmi dengan Kejaksaan Negeri Cianjur, Bahas Solusi Pengentasan Kriminalitas

HMI
Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cianjur lakukan audiensi dan silaturahmi dengan Kejaksaan Negeri Cianjur, Rabu 29 Mei 2024. 
0 Komentar

CIANJUR.JABAREKSPRES.COM – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Cianjur lakukan audiensi dan silaturahmi dengan Kejaksaan Negeri Cianjur, Rabu 29 Mei 2024. 

Pertemuan yang digelar di kantor Kejaksaan Negeri Cianjur, dihadiri oleh Kasubsi Ekonomi, Investasi, dan Pengamanan Pembangunan Strategis Kejaksaan Negeri Cianjur, Adlan Fakhrusy Hakim, serta Staf Intelijen, Wanevri.

Dalam pertemuan tersebut, Ketua Umum HMI Cabang Cianjur, Henda Rosadi, menyampaikan, bahwa HMI berperan tidak hanya sebagai mitra kritis pemerintah, tetapi juga sebagai mitra solutif. 

Baca Juga:Sekda Herman Suryatman Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDNPenyalaan Pasang Baru RS Edelweiss, PLN UP3 Cianjur Dukung Pengembangan Sektor Kesehatan 

“HMI akan terus memberikan kontribusi terhadap pemerintah sebagaimana mestinya dan tentunya kami mengajak Kejaksaan Negeri Cianjur untuk berdiskusi dengan HMI dan menjadi narasumber di kegiatan yang insyaAllah Pengurus HMI Cabang Cianjur akan intens melaksanakan kegiatan serta kajian tentang hukum dan perkara-perkara hukum di Indonesia khususnya di Kabupaten Cianjur,” ujar Henda.

Gagasan yang diutarakan oleh HMI Cabang Cianjur periode 2024-2025 diselaraskan dengan kewenangan instansi terkait, yaitu penegakan hukum dan perlindungan hukum terhadap masyarakat Kabupaten Cianjur. 

Sementara itu, Sekretaris Umum HMI Cabang Cianjur, Muh Akbar Rizal H, menambahkan, bahwa permasalahan hukum yang terjadi di masyarakat harus dicegah dengan upaya preventif, dan harus selalu dilakukan upaya evaluatif. 

Masalah kriminalitas di Kabupaten Cianjur, menurut Akbar, dominan dipicu oleh kenakalan remaja dan pergaulan bebas yang membuat permasalahan di kabupaten ini terasa kompleks. Oleh karena itu, HMI Cabang Cianjur, sebagai bagian dari pemuda, siap bekerja sama untuk mengentaskan masalah tersebut dengan upaya-upaya preventif dan evaluatif.

Pihak Kejaksaan Negeri Cianjur menyambut baik kedatangan HMI Cabang Cianjur, juga berharap agar kegiatan silaturahmi ini dapat menjadi langkah awal dalam mengurangi angka pelanggaran hukum serta mempermudah pemberian pemahaman hukum kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Cianjur. 

Kasubsi Ekonomi, Investasi, dan Pengamanan Pembangunan Strategis Kejaksaan Negeri Cianjur, Adlan Fakhrusy Hakim, menekankan, pentingnya kerjasama antara lembaga hukum dan organisasi pemuda seperti HMI dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat. 

“Kami sangat mengapresiasi inisiatif HMI Cabang Cianjur untuk berdialog dan mencari solusi bersama terkait permasalahan hukum di Kabupaten Cianjur. Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat upaya preventif dan edukatif dalam mencegah tindak kriminalitas,” jelas Adlan.

0 Komentar