Rumah Relokasi Penyintas Gempa Terancam tak Dialiri Air PDAM

Rumah Relokasi Penyintas Gempa Terancam tak Dialiri Air PDAM. (zan)
Rumah Relokasi Penyintas Gempa Terancam tak Dialiri Air PDAM. (zan)
0 Komentar

CIANJUR, CIANJUREKSPRES – Rumah relokasi penyintas gempa terancam tak dialiri air PDAM.

BACA JUGA:

Link Nonton Tensei Shitara Slime Datta Ken Movie Guren No Kizuna Hen Gratis!

Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur berencana memasang sambungan langganan (SL) instalasi pipa air bersih ke hunian tetap (huntap) yang menjadi rumah relokasi penyintas gempa di Desa Sirnagalih secara gratis melalui program Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

BACA JUGA:

Kisah Sedih Kiara Paus Kesepian di Dunia Mati

Baca Juga:Ratusan Rumah Relokasi Korban Gempa Cianjur Belum DihuniSIM Keliling Cianjur Berikut Jadwalnya

Namun, hat tersebut nampaknya tidak akan terealisasi. Pasalnya, Dirut PDAM Tirta Mukti Kabupaten Cianjur, Budi Karyawan menampik jika pemasangan SL di huntap Sirnagalih bisa menggunakan program MBR.

BACA JUGA:

Link Update Apk Yandex Browser 2023, Banyak Fitur Barunya Lho!

“Tidak bisa menggunakan program MBR, sudah saya ajukan tapi ditolak Kementerian PUPR,” kata Budi Karyawan pada Selasa 14 Maret 2023.

BACA JUGA:

Resep dan Cara Membuat Nasi Kuning di Alat Penanak Nasi

Budi mengaku, pihaknya sudah merekomendasikan dua cara untuk sistem air bersih di huntap Sirnagalih, yakni melalui pipa air bersih dan pengelolaan sumur bor.

Namun hingga kini belum ada kejelasan dari Kementerian PUPR terkait usulan tersebut, sehingga sampai sekarang huntap Sirnagalih pun belum dilengkapi dengan fasilitas air bersih.

“Sudah saya ajukan, mau pakai pipa air milik PDAM atau pakai sumur bor. Mereka pilih sumur bor, tapi sekarang pipa PDAM tidak (dipasang) sumur bor juga tidak (direalisasikan) sampai sekarang. Kalau saya yang mana saja siap untuk mengelolanya,” ujarnya.

Menurutnya, huntap Sirnagalih dan Mande bukan merupakan kewenangan pemerintah daerah, melainkan kewenangan Kementerian PUPR.

Sehingga pemerintah daerah tidak bisa menentukan sistem air bersih di lokasi tersebut. (zan)***

0 Komentar