DOB Kabupaten Cianjur Selatan Tinggal Selangkah Lagi

DOB Kabupaten Cianjur Selatan Tinggal Selangkah Lagi
0 Komentar

“Setelah status CDPOB disahkan, maka tiga tahun lamanya ketiga daerah persiapan tersebut akan diuji apakah layak untuk diteruskan menjadi daerah otonom baru atau malah dinyatakan gagal sehingga dikemalikan kepada daerah induk. Itu tentunya sama-sama tidak kita kehendaki, karenanya mari kita bersungguh-sungguh bersinergi mengawal pemekaran ini sehingga berhasil,” sambung Sadar menambahkan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan, dengan telah selesainya seluruh pembahasan terkait rencana usulan pembentukan CDPOB maka tahapan selanjutnya Pemprov Jabar akan menyampaikan ke pemerintah pusat.

“Atas usulan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pemerintah pusat akan melakukan penilaian terhadap persyaratan-persyaratan tersebut. Hasil penilaian akan disampaikan kepada DPR dan DPD RI. Jika usulan ini memenuhi persyaratan, maka pemerintah pusat akan membentuk tim independen yang bertugas mengukur tujuh urusan. Yakni, geografi, demografi, keamanan, sosial politik adat tradisi, potensi ekonomi, keuangan daerah dan kemampauan penyelenggaraan pemerintah,” kata Ridwan Kamil dalam sambutannya, Kamis (28/4).

Baca Juga:Dinkes Jabar Fokuskan Pelayanan Posyandu untuk Turunkan StuntingNelayan Tenggelam di Cidaun, 2 Selamat, 1 Meninggal Dunia

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil mengatakan, meskipun tim independenyang nanti dibentuk pemerintah akan melakukan kajian, saat ini Pemprov Jabar telah menyiapkan data-data dasar kapasitas daerah induk untuk cakupan calon daerah persiapan.

“Jika terdapat kapasitas daerah yang masih rendah, maka kita manfaatkan momentum ini untuk mengoptimalkan kapasitas daerah. Sehingga nanti pada saat waktunya di evaluasi itu akan menjadi sebuah prestasi,” katanya.

“Jika semua terwujud tentunya harapan kita tentang penyelenggaran pemerintahan dan pelayanan publik akan terwujud. Maka percepatan dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, kualitas pelayanan publik semakin cepat dan dekat ke masyarakat. Sehingga insyaAllah Jawa Barat pun makin juara dalam pemerataan pembangunan,” imbuh Kang Emil.

Sementara itu, Ketua Umum Paguyuban Masyarakat Cianjur Kidul (PMCK), Ceng Badri, mengucapkan syukur dengan digelarnya rapat paripurna persetujuan bersama terhadap CDPOB Kabupaten Cianjur Selatan, Tasikmalaya Selatan dan Garut Utara. “Kami mengucapkan syukur alhamdulillah, ini merupakan tonggak bersejarah bagi perkembangan proses DOB Cianjur Selatan. Dengan persetujuan eksekutif dan legislatif Provinsi Jabar begitu serius menindaklanjuti aspirasi masyarakat Cianjur selatan dan CDPOB lainnya,” katanya, Kamis (28/4).

0 Komentar