Longsor Tutup Akses Jalan Mariwati Sukaresmi, BPBD Cianjur Turunkan Alat Berat Hari Ini

Longsor Tutup Akses Jalan Mariwati Sukaresmi, BPBD Cianjur Turunkan Alat Berat Hari Ini
Tampak material longsor menutupi akses jalan Mariwati, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Senin (24/5) malam.(foto/ist)
0 Komentar

Cianjurekspres.net – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur hari ini akan mengirimkan alat berat milik Dinas PUPR untuk membersihkan material longsor yang menutup Jalan Mariwati, Kecamatan Sukaresmi pada, Senin (24/5) malam.

“Semalam longsor tidak ada penerangan. Jalannya juga jauh dari mana-mana. Tetapi jam 23.00 WIB, Retana sudah diterjunkan cek lokasi. Sekarang akan langsung ditindaklanjuti oleh BPBD, kita sudah ke PUPR untuk alat berat,” ujar Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Moch. Irfan Sopyan kepada cianjurekspres.net, Selasa (25/5/2021).

Irfan mengatakan, informasi sementara yang diterima BPBD sampai saat ini akses jalan tersebut belum bisa dilalui kendaraan bermotor. “Belum bisa dilalui sama sekali pagi ini,” katanya.

Baca Juga:Dari Belgia ke ManaSuami Tusuk Istri Hingga Tewas di Cianjur, Ternyata Sudah Pisah Ranjang Selama Setahun

Sementara itu Kapolsek Sukaresmi, AKP. Irwan Alexander mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 20.00 WIB usai diguyur hujan deras sejak Senin sore. “Longsornya tadi (kemarin) sekitar pukul 20.00 WIB. Sebelumnya hujan deras, sehingga tebing yang memang rawan tersebut longsor,” ujarnya, Senin (24/5).

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun material longsoran setinggi 1 meter menutup seluruh badan jalan. Akibatnya akses dari Cipanas menuju jalur alternatif Jonggol via Sukaresmi lumpuh total.

“Korban tidak ada, tapi kendaraan tidak bisa melintas. Adapun sepeda motor yang memaksakan melintas harus sangat berhati-hati, khawatir terjadi longsor susulan,” kata dia.

Irwan mengimbau kendaraan roda empat yang hendak melewati jalur tersebut untuk memutar arah melalui jalur lain. “Sementara waktu kita putar arah karena akses jalan memang tidak bisa dilalui,” kata dia.

Dia mengaku, satu unit alat berat akan diturunkan untuk menyingkirkan material longsoran.
“Rencananya dari PUPR menurunkan satu unit alat berat. Tapi hingga pukul 22.00 WIB belum tiba. Informasinya masih dalam perjalanan,” ungkapnya.

“Kami berusaha mempercepat normalisari akses jalan. Dan untuk pengendara tetap diimbau waspada, terlebih saat melintas jalur rawan longsor,” pungkasnya.(mg1/hyt)

0 Komentar