4 Strategi Pilar Dorong Pertumbuhan Destinasi Pariwisata Halal di Cianjur

4 Strategi Pilar Dorong Pertumbuhan Destinasi Pariwisata Halal di Cianjur
0 Komentar

Lepi mengungkapkan, pariwisata halal tentu tidak sama dengan pariwisata religi. Pariwisata halal merupakan seluruh kegiatan wisata yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan muslim. Pariwisata halal merupakan seperangkat layanan tambahan amenitas, atraksi, dan aksesibilitas yang ditujukan dan diberikan untuk memenuhi pengalaman, kebutuhan dan keinginan wisatawan muslim.
Setidaknya terdapat 4 strategi pengembangan pilar pariwisata halal menurut Kemenpar RI (2017) yaitu destinasi, industri, kelembagaan dan pemasaran.
“Pasangan PILAR berkomitmen bahwa ke-4 pilar tersebut dapat dikembangkan oleh Kabupaten Cianjur lima tahun ke depan,” tandas Lepi.
Untuk mewujudkannya, setidaknya ada 4 strategi yang akan dilakukan pasangan PILAR. Pertama, Ditetapkan destinasi pariwisata halal unggulan daerah yang terintegrasi dengan value chain sektor pariwisata;
Kedua, dilakukan branding pariwisata halal melalui media digital dan eksibisi. Ketiga, dibentuk tim pengembangan pariwisata halal untuk menyusun Rencana Induk Pengembangan, Branding Pariwisata Halal, Pendampingan Destinasi Pariwisata Halal, dan Pengembangan Halal Center Kabupaten Cianjur;
Keempat, Perumusan Peraturan Daerah yang mengatur tetang Tata Kelola Destinasi Pariwisata Halal di Kabupaten Cianjur.(hyt)

0 Komentar